1.
Judul : Lingkungan
2.
Tujuan : 1. Mengetahui hubungan
manusia dan kerusakan lingkunga
2.
Mengetahui pengelolaan lingkungan hidup
3.
Sasaran : Untuk SMP/MTs Kelas VII
4.
Durasi : 15 menit
5.
Pelaku : 1. Ibu ( Seorang guru, dan orang
tua dari Toni dan Fika)
2. Toni ( Seorang siswa SMA Kelas XI )
3. Fika (Seorang siswi SMP Kelas VII )
6. Materi
:
1.
Manusia
dan Lingkungan
Semakin meningkat
jumlah populasi manusia,
semakin banyak pula sumber daya
alam yang harus diambil untuk memenuhi kebutuhannya. Naiknya kepadatan penduduk
menyebabkan kebutuhan air dan udara bersih meningkat. Kebutuhan udara bersih
juga semakin sulit terpenuhi, hal ini disebabkan berkembangnya industri dan
padatnya lalu lintas kendaraan bermotor sebagai penghasil bahan pencemar yang
cukup tinggi.
2.
Pengelolaan
Lingkungan Hidup
Undang-undang RI No. 23
tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan
bahwa lingkungan hidup
adalah kesatuan ruang
dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia.
Penambangan minyak bumi, gas alam, batu bara, pasir, teknologi industri
yang menggunakan mesin
dan penebangan hutan ternyata di satu sisi dapat memenuhi kebutuhan
manusia. Namun di sisi lain menimbulkan permasalahan lingkungan.
7.
Sinopsis
Naskah ini bercerita tentang
diskusi antara Ibu, Toni dan Fika.
Mereka bertiga membahas mengenai kerusakan lingkungan yang semakin
marak. Mereka berbeda pendapat mengenai
penyebab rusaknya alam dan lingkungan ini.
Lalu mereka mendiskusikannya agar tidak terjadi salah paham lagi. Diskusi ini berlangsung dengan penuh
kekeluargaan. Meskipun mereka berbeda
profesi, namun tidak ada yang saling menggurui satu sama lain. Semuanya berusaha memberikan penjelasan agar
permasalahan yang mereka bahas bisa menemukan jalam keluarnya.
8.
Treatment
Adegan
1 : Announcer memperkenalkan pada khalayak umum bahwa ada suatu program siaran
radio pendidikan yang akan diperdengarkan dan sekaligus membuka acara
Adegan
2 : Narrator membacakan tujuan dari pembelajaran yang akan diperdengarkan, dan
tujuan tersebut merupakan kompetensi dasar dari pembelajaran tersebut
Adegan
3 : Fika menghampiri Toni
Adegan
4 : Toni menjawab, itu semua akibat tidak adanya keseimbangan antara kehidupan
manusia dengan alam, dan Fika mengiyakannya
Adegan
5 : Ibu mendekati Fika dan Toni,, lalu ibu menyambung pembicaraan mereka
Adegan
6 : Fika tidak sependapat dengan Ibu, dan Toni menanggapi pendapat Fika
Adegan
7 : Terjadi perbedaan pendapat antara Fika dan Toni
Adegan
8 : Setelah dijelaskan, akhirnya Fika mengiyakan pendapat Toni, dan
menambahinya dengan pendapatnya sendiri.
Adegan
9 : Ibu mulai menambahi dengan pendapatnya sendiri
Adegan
10: Toni tidak sependapat dengan Ibu
Adegan 11: Ibu
menjelaskannya pendapatnya pada Toni, dan Fika mulai ikut menanggapinya lagi
Adegan 12 : Toni
menyampaikan pendapatnya, dan Ibu menambahinya
Adegan 13 : Fika
menyanggah pendapat Ibu, dan Toni ikut menambahinya
Adegan 14 : Ibu mulai
memberikan pengertian pada anak-anaknya
Adegan 15 : Fika dan
Toni memahami maksudnya
Adegan 16 : Diskusi
berakhir ketika terdengar suara bel rumah
- Naskah Diskusi
No.
|
PELAKU
|
URAIAN
|
1
|
MUSIK
|
OPENING
|
2
|
Announcer
|
107,9
Tep Fm The Voice Of Educational
Of Technologi.
Hay….
selamat sore adik-adik. Jumpa lagi dalam acara “Belajar Bersama”.
|
3
|
Narrator
|
Dalam
acara Belajar Bersama kali ini, kita akan mendengarkan diskusi mengenai pembelajaran
IPA untuk SMP/MTs Kelas VII, topik kali ini adalah mengenai “ Lingkungan”
Untuk
itu setelah selesai pembelajaran ini diharapkan adik-adik siswa SMP/MTs Kelas
VII dapat :
1. Mengetahui
hubungan manusia dan kerusakan lingkungan
2. Mengetahui
pengelolaan lingkungan hidup
Untuk
lebih jelasnya yuuk kita simak sama-sama….
|
4
|
MUSIK
|
Backsound acara
IN-UP-DOWN-OUT
|
5
|
FX
|
SUARA
LANGKAH KAKI
(Fika
menghampiri Toni)
|
6
|
Fika
|
Waahh,, kak makin
parah saja yaa masalah lingkungan dan alam kita ini…
|
7
|
Toni
|
Yaa,,
begitulah.. kalau tidak adanya keseimbangan antara kehidupan manusia dengan
alam,, ada-ada saja masalahnya… ada kerusakan lingkungan laah,,, ini laah,,
itu laah,,,
|
8
|
Fika
|
Iya memang,,
banyak sekali yang terjadi,, ada pembakaran hutan,, penebangan liar.. itu
semua akibat ketidakseimbangan hidup manusia dengan alam
|
9
|
FX
|
SUARA LAGKAH
KAKI IBU
(Ibu mendekati
Fika dan Toni)
|
10
|
Ibu
|
Yaa.. memang
begitu nak,, semakin meningkat jumlah
populasi manusia, semakin
banyak pula sumber daya alam yang harus diambil untuk memenuhi
kebutuhannya, Sumber daya
alam yang merupakan kebutuhan dasar hidup manusia adalah air bersih, udara
bersih, bahan pangan, dan ketersediaan lahan.,,
namun jika
kebutuhannya sudah melampaui batas yaa,, begitu itu akibatnya,, akan ada
kerusakan alam terus-menerus.. contohnya yaa,, adanya penebangan hutan yang
illegal,, demi untuk memenuhi kebutuhan manusia..
|
11
|
Fika
|
Tapi menurutku
kerusakan alam itu bukan hanya karena manusia saja buu,, mungkin saja karena
ada fenomena alam,,
|
12
|
Toni
|
Fenomena alam
apa .?
Setauku
kerusakan alam yaaa terjadi karena adanya ulah manusia yang tidak
bertanggungjawab..
|
13
|
Ibu
|
Yaa,, memang
kerusakan alam bisa terjadi karena fenomena alam,, dan tidak sedikit pula
yang terjadi karena ulah manusia..
|
14
|
Toni
|
Tapi tetap
saja kan,, ulah manusia yang tidak bertanggungjawablah yang mengakibatkan
kerusakan alam..
|
15
|
Fika
|
Iya juga
sii,,,
Kadangkala
manusia tidak menyadari bahwa naiknya
kepadatan penduduk menyebabkan kebutuhan air dan udara bersih meningkat. Di
kota-kota besar pemenuhan kebutuhan bahan baku air bersih dipenuhi dengan memanfaatkan
sungai besar yang melintasi kota. Air sungai yang melintasi kota berwarna
cokelat dan mengandung sampah,
sehingga bila dikonsumsi sebagai
air bersih tanpa pengolahan yang memadai akan dapat menimbulkan
berbagai penyakit.
|
16
|
Toni
|
Tapi bukan
cuma itu saja Fik..
Kebutuhan
udara bersih juga semakin sulit terpenuhi, hal ini disebabkan berkembangnya
industri dan padatnya lalu lintas kendaraan bermotor sebagai penghasil bahan
pencemar yang cukup tinggi..
|
17
|
Fika
|
Apa
tidak ada upaya dari pemerintah ..???
|
18
|
Ibu
|
Bukannya
tidak ada nak,, tapi karena masih
rendahnya kesadaran lingkungan
sering kali menyebabkan manusia melakukan tindakan yang
merugikan. Taman-taman kota yang dulu banyak dijumpai sebagai paru-paru kota,
area penahan dan penyerap air sudah banyak yang beralih fungsi.
Upaya
untuk mengatasi hal tersebut sebetulnya sudah dilakukan dengan membuat waduk
atau bendungan dan penghijauan.
Tapi
yaa,, lagi-lagi dirusak oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab
|
19
|
Toni
|
Akh,, tapi,, kan
masih ada kebutuhan dasar manusia lainnya yang bisa mengakibatkan masalah
lingkungan… contohnya yaa.. adanya peningkatan kebutuhan pangan dan
pemukiman. Untuk kebutuhan pangan diperlukan
lahan pertanian. Tapi ironisnya lahan
pertanian berkurang karena dipergunakan untuk pemukiman atau
kepentingan yang lain. Hal ini menunjukkan
penggunaan tanah kurang
memperhatikan prinsip-prinsip
keseimbangan lingkungan. Kebutuhan pangan meningkat namun ketersediaan lahan terbatas.
Pemerintah
seharusnya melaakukan upaya dengan meningkatkan teknologi
pertanian dan usaha
pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul..
|
20
|
Ibu
|
Tentunya pemerintah
sudah megupayakan hal tersebut,, tapi itu semua tidak akan mudah terlaksana
jika tidak ada upaya yang sama yang dialkukan oleh orang-orang yang tidak
bertanggungjawab..
|
21
|
Fika
|
Waah,,
sepertinya susah yaa,,, untuk menyadarkan mereka dari akibat kerusakan
lingkungan ini… apakah mereka tidak tau bahwa kerusakan lingkungan dampaknya
akan sangat besar bagi kehidupan manusia,,
|
22
|
Toni
|
Kalau
menurutku siihh…. Sebenarnya mereka sudah tau,,
Tapi yaa
itulah tadi,, tidak adanya keseimbangan hidup manusia dan lingkungan yang
menyebabkan itu semua
|
23
|
Ibu
|
Mungkin perlu
dilakukan sosialisasi lagi yang lebih mendalam mengenai lingkungan,, mungkin
dengan hal itu akan bisa menumbuhkan kesadaran mereka..
|
24
|
Fika
|
Tapi buu,,
bukannya hal itu sudah sering dilakukan oleh pemerintah,,tapi apa hasilnya,,
tetap saja kan ..????
|
25
|
Toni
|
Mungkin mereka
harus merasakan dulu akibatnya,, baru mereka akan menyadarinya,,,
|
26
|
Fika
|
Meraskan dulu
akibatnya ..???
Berarti harus
ada kerusakan yang parah dulu donk kak,,,
|
27
|
Ibu
|
Tidak harus
seperti itu juga nak,,
Sosialisasi
memang perlu dilakukan,, tapi selain itu harus ada juga pengelolaan
lingkungan hidup yang baik..
|
28
|
Toni
|
Hmm,,
Berarti bisa
dilakukan program-program
penyelamatan lingkungan hidup
donk buu, seperti usaha rehabilitasi daerah
aliran sungai (DAS), reboisasi
lahan-lahan kritis, menjaga kelestarian hutan, serta perbaikan teknologi
bercocok tanam.
|
29
|
Fika
|
Lalu Efisiensi
dan efektivitas penggunaan pestisida juga bisa mengurangi efek yang dapat
ditimbulkannya dalam kerusakan lingkungan..
|
30
|
Ibu
|
Ya,,
memang betul,,
Dan
nak,, masing-masing dari kita sebagai manusia yang memanfaatkan lingkungan
dan alan harus bisa menyadari bahwa lingkungan
hidup adalah kesatuan
ruang dengan semua benda, daya,
keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia. Kepadatan populasi
manusia yang semakin bertambanh akan menurunkan kualitas
lingkungan. Dampak kepadatan populasi manusia
di antaranya adalah
timbulnya pencemaran air,
tanah, dan udara,
serta rusaknya lingkungan. jadi kita harus bisa menjaga keseimbangan
itu semua akan tidak betambah parah masalah-masalah yang terjadi di
lingkungan dan ala kita…
|
31
|
Fika dan Toni
|
Ooh,, jadi
seperti itu yaa…
|
32
|
FX
|
SUARA BEL
RUMAH BERBUNYI
|
33
|
Ibu
|
Ya,, sudah
ya,, Ibu mau membukakan pintu dulu,, sepertinya Ayah kaliah pulang..
|
34
|
Fika dan Toni
|
Iyaa,,
buuuuuuuu. . .
|
35
|
MUSIK
|
Backsound
Acara
IN-UP-DOWN-OUT
|
36
|
Narrator
|
Adik-adik,, kita sudah sama-sama
mendengarkan subuah diskusi pada pembelajaran IPA untuk kelas VII SMP/MTs,
tentang Lingkungan. Semoga dengan
pembelajaran tadi adik-adik dapat lebih paham tentang apa hubungan manusia dan kerusakan
lingkungan, dan tentang pengelolaan
lingkungan hidup
|
37
|
Announcer
|
Oke
adik-adik,, Sekian dulu Belajar Bersama kali ini,, kita ketemu lagi minggu
depan dengan materi pembelajaran yang lain,, yang lebih menarik.. dan
pastinya tetap di radio kesayangan kita ini 107,9 Tep Fm The Voice Of Educational Of Technologi…
Selamat sore .
. .
|
38
|
MUSIK
|
CLOSING
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar