Sabtu, 02 November 2013

Android






     ANDROID


Logo Unnes.jpg

Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen pengampu : Septia Lutfi,S.Kom, M.Kom


Oleh
Suko Bintoro
1102409003


JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013




KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat-NYA, sehingga penyusun mampu menyelesaikan Makalah ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu syarat penilaian mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang meliputi nilai tugas dan nilai keaktifan.
Penyusunan makalah ini tidak berniat untuk mengubah materi yang sudah tersusun. Namun, hanya lebih pendekatan pada study banding atau membandingkan beberapa materi yang sama dari berbagai referensi yang semoga bisa memberi tambahan pada hal yang terkait dengan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.
Saya sebagai penyusun pastinya tidak pernah lepas dari kesalahan. Begitu pula dalam penyusunan makalah ini, yang mempunyai banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mohon maaf atas segala kekurangannya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Septia Luthfi, S.Kom, M.Kom sebagai pengajar mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah membimbing dalam penyusunan makalah ini. Tidak lupa pula kepada rekan-rekan yang telah ikut berpartisipasi. Sehingga makalah ini selesai tepat pada waktunya 

Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang

Perkembangan teknologi  semakin pesat dan cepat, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini membuat manusia bagaikan tak terpisah oleh jarak ruang dan waktu. Dengan perkembangan teknologi yang kian maju, manusia dapat membuat berbagai macam peralatan sebagai alat bantu dalam menjalankan berbagai aktivitas untuk mendukung produktifitas.

1.2.   I.2 Rumusan masalah

1.3.   Rumusan masalah yang dibahas pada karya tulis ini adalah:

  1. Apa pengertian Android?
  2. Bagaimana sejarah perkembangan Android?
  3. Apa saja Fitur-fitur pada android
  4. Apa saja kelebihan kekurangan Android?
  5. Perbandingan Android dengan system operasi lain
  6. Apa saja keunikan android?
  7. Arsitektur Android
  8. Bagaimana Cara Instal OS Android
  9. Apa  Root Android
  10. Apa  Custom ROM

1.4.   Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan karya tulis ini adalah:
  1. Mengerti pengertian Androi
  2. Mengerti sejarah perkembangan Android
  3. Mengerti Fitur-fitur pada android
  4. Apa saja kelebihan kekurangan Android
  5. Mengerti  Perbandingan Android dengan system operasi lain
  6. Mengerti keunikan android
  7. Arsitektur Android
  8. Mengerti Cara Instal OS Android
  9. Mengerti Root Android
  10. Mengerti Custom ROM

1.5.   I.4 Manfaat

Manfaat penulisan memiliki mafaat bagi beberapa pihak, yaitu
  1. Bagi penulis adalah lebih mengetahui sejarah, perkembangan, versi, kelebihan, dan keunikan yang dimiliki oleh android.
  2. Bagi pembaca adalah pembaca bisa mengetahui mengenai hal-hal yang berhubungan dengan android setelah membaca resume ini.
  3. Bagi masyarakat masyarakat mampu mengetahui dengan lebih tentang android dan bias menjadi acuan atau refrensi yang berkenaan dengan android.
1.     Pengertian Android
       Android adalah system operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri dan digunakan oleh bermacam perangkat mobile. Android merupakan software berbasis kode computer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga programmer bisa membuat aplikasi baru di dalamnya, terdapat Android Market yang menyediakan ribuan aplikasi baik yang gratis maupun berbayar, serta memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi, seperti push email GMail, Google Maps, dan Google Calendar. Awalnya Google Inc membeli Android Inc, pendatang baru yang memuat piranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan hardware, software dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T- Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007 Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Dilain pihak Google merilis kode – kode Android di bawah lisensi Apache.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah benar – benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

2.     Sejarah perkembangan Android

2.1.    Kerjasama dengan Android Inc.

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc, perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc bekerja pada Google, di antaranya Andi Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler.
Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. Versi Android terbaru yaitu Android versi 3.0. juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericson, dan lainnya.

2.2.    Produk Awal (Tahun 2007-2008)

                        Sekitar September 2007, sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya).
                        Pada Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android yang diantaranya ARM Holdings, Atheros Communications diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bugdan penambahan fitur baru.
                        Telepon seluler pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008.
Persaingan di pasar sistem operasi smartphone kian sengit. Diprediksikan OS besutanGoogle, Android  bakal semakin bertenaga. Meningkatnya kekuatan OS Android ini terbaca dari prediksi pasar smartphone 2009-2015 yang dikeluarkan perusahaan konsultan dan survey, Ovum.

Alasan mengapa Android akan semakin berjaya adalah karena semakin banyak pabrikan smartphone yang mencoba menekan biaya produksi mereka. Android menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan hal tersebut. Alhasil, semakin banyak produsen ponsel yang melirik Android. Saat ini yang mendominasi pasar adalah OS Symbian dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 48 persen. Ini berarti terjadi penurunan dari 58 persen di 2008.Walaupun Ovum memprediksi pengapalan Symbian akan mencapai 168 juta unit di tahun 2015, jumlah pangsa pasarnya akan terus terkikis sampai ke kisaran 30 persen. Penyebabnya adalah karena adanya pertumbuhan adopsi OS Android.Ovum memprediksikan pengapalan Android akan mencapai 110,8 juta di tahun 2015 dan diperkirakan OS ini akan melampaui pengapalan Windows Mobile di 2014.Operasi sistem Android sudah memiliki beberapa versi semenjak dirilisnya Operasi Sistem ini, diantaranya versi - versinya adalah

2.3.    Android 1.1

            Pada Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1 Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2.4.    Android 1.5 (Cupcake)

           
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar Picasa langsung dari telepon, Bluetooth A2DP support, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

2.5.   Android 1.6 (Donut)

Donut (versi1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan Kontrol Applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder, dan galeri yang diintegrasikan, Gestures, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA).

2.6.    Android 2.0/2.1 (Eclair)   

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android versi 2.0/2.1 (Éclair). Perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Map 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya  oleh MySpace dan Facebook.
Penggunaan Sistem Operasi ini tidak hanya pada produk Smartphone saja, namun juga sudah mulai digunakan dalam Sistem Operasi dalam beberapa netbook, seperti yang baru saja saya baca Acer akan mengeluarkan Netbook dengan menggunakan Operasi Sistem Android.

2.7.    Android 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt) diluncurkan. Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

2.8.    Android 3.0 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.

2.9.    Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

           
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotograsi, mencari e-mail secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC







    3.0.  Android (4.1)  jelly Bean
           
Android Jelly Bean lebih memofuskan fiturnya ke peningkatan User Interface yanga lebih lancar dan responsif. Di versi ini juga menandai hadirnya fitur Google Now yang memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data-data yang tersimpan (kontak, kalender, lokasi, dll) di Handphone

3.     Fitur Android

Fitur yang tersedia di Adroid adalah :
·        Kerangka aplikasi : itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
·        Dalvik mesin virtual : mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
·        Grafik : grafik di 2D dan garfais 3D berdasarkan pustaka Open GL.
·        SQLite : untuk penyimpanan data.
·        Mendukung media : audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
·         GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi ( hardware dependent).
·        Kamera, Global Positioning Sistem (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware).


4.     Kelebihan dan Kekurangan Android

4.1.    Kelebihan Android

Beberapa kelebihan dan keunggulan Android adalah :
·        Android bersifat open source, karena berbasis linux, sehingga banyak developer yang ingin mengembangkan Android.
·        Merupakan realisasi dari Cloud Computing, karena fitur Google sudah terintegrasi dengan mobile yang terpasang Android. Contact pada telepon seluler pun akan tersimpan secara otomatis pada account google.
·        Dengan tersedianya Android Market, cara mendapat OS Android ini pun terbilang mudah.
·        Fleksibel karena bisa digunakan pada banyak platform hardware.
·        Android memberikan pilihan untuk memilih hardware yang digunakan.
·        Android dapat mengubah Pengaturan dengan cepat.
·        Android dapat menjalankan beberapa aplikasi pada waktu yang bersamaan atau di sebut juga Multitasking.
·        Kemudahan dalam Notifikasi, karena setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android.

4.2.    Kekurangan Android

Adapun beberapa kekurangan Android adalah :
·        Keterbergantungan pada koneksi internet yang simultan.
·        Kurang tersedianya aplikasi tambahan pihak ketiga.

·        Tabel 1 Kelebihan dan kekurangan android
No.
Kelebihan android
Kelemahan android
1
Mendukung proses multitasking, memungkinkan penggunanya dapat membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. misalnya: bisa main facebook, browsing internet, dan mendengarkan lagu dalam satu waktu.
Harus Selalu terhubung ke internet untuk mengakses fitur-fitur yang terdapat dalam ponsel Android ini sehingga setidaknya harus menggunakan paket internet mingguan atau pun bulanan.
2
Akses mudah menggunakan Google App market, bagi orang yang sering main game dan install aplikasi lewat fitur ini bisa mendownload ratusan bahkan ribuan aplikasi dan game secara gratis.
Terdapat banyak iklan di setiap aplikasi dari Android karena selalu terhubung ke internet otomatis.
3
Notifikasi yang mudah, setiap ada sms, email ataupun artikel dari RSS Reader akan langsung muncul di home screen serta lampu LED yang berkedip-kedip.
Boros baterai, sistem operasi android lebih boros baterai dibandingkan os lainnya karena dalam hal kinerja juga lebih banyak proses sehingga ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.
4
Didukung berbagai macam ponsel, sekarang sudah banyak ponsel yang memakai sistem operasi ini mulai dari HTC, Samsung, Nokia, iPhone, sampai ponsel cina seperti Cross dan Mitto.

5
Mudah mengakses seluruh produk dari Google, mulai dari Google Map, Google Reader, Google Translate, Youtube, Blogger, dan lain-lain.

6
Modifikasi install ROM, jika tidak puas dengan tampilan standar Android, tidak perlu khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa digunakan di ponsel sistem Android ini



5.      Perbandingan Android dengan system operasi lain

Android dengan varian harga yang beragam,bisa menggilas kepopuleran BlackBerry. Tanda-tanda akan suksesnya ponsel Android sudah mulai terlihat jelas. Group Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya yakin ponsel Android bisa melebihi BlackBerry.
Alasannya, Android bisa menyasar semua lapisan masyarakat karena didukung berbagai varian harga.“Sejak masuknya BlackBerry, pada 2008 mulai terlihat masyarakat menyukai ponsel cerdas dengansistem online 24 jam. Kami optimistis Android bisa mengalami kesuksesanyang sama,” katanya saat dihubungi. Ini dikarenakan kelebihan android dibandingkan BlackBerry jelas jauh berbeda.
Dimana Android unggul dari Blackberry Respon konsumen pada ponsel Android sudah sangat tinggi. Sejak menawarkan preorder pada 22 Februari lalu, Indosat telah melepas1.000 handset Android dari berbagai merek.
Indosat juga berhasil menjual sekitar 2.000 handset saat tour7 kota. Bahkan banyak pengamat yang memastikan di tahun 2011 nanti, Android siap tenggelamkan Blackberry .
Ini sunguh istilah yang sangat tragis bagi Blackberry terkhusus bagi pengguna setia Blackberry. “Hingga akhir tahun ini kami menargetkan 100 ribu handset. Kami optimis dengan melihat responmasyarakat seperti itu, ” tambah Teguh. Ponsel Android sudah banyak yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 2 juta. Teguh meyakini handset jenis ini juga akanmengancam bundling ponsel China.
Gadget Ponsel Android dan bundling ponsel China memiliki segmen berbeda meski harganya tidak jauhberbeda. Pasar Indonesia, kata Teguh, sangat beragam sehingga tidak menutup kemungkinan ponsel China juga dapat dipasarkan dengan Android.
Jadi, meskipun ponsel Android dipasarkan dalam berbagai lingkup dan merek, tapi tetap saja diminati konsumen. Teguh mengatakan kekurangan Sistem Operasi Android saat ini karena masih sulit ditemui di pasaran. “Kami melihat bahwa orang Indonesia mudah menerima sesuatu yang baru, jadi saya rasa Android bukan sesuatu hal yang tidak dapat diterima mereka, ” imbuhnya.

Untuk mendorong penjualan, menurut Teguh, Indosat mengusung beberapa strategi khusus. Indosatmenyediakan smartphone berbasis Android dengan beragam level harga. Sementara ketersediaan beragam perangkat itu, kemudian dilengkapi dengan layanan jasa berupa broadband unlimited baik postpaid maupun prepaid. “Kami juga memiliki Komunitas Indosat Android. Di sini, para pengguna layanan dapat salingberinteraksi satu sama lain. Selain itu juga ada Android Application Store atau A-Store, ” katanya.
Salah satu handset Android yang banyak dibeli konsumen adalah Samsung. Head of Dept HHP Business Samsung Hioe An Kin memperkirakan produk Android Samsung sukseskarena pas di kantong. “Fitur-fitur yang kami berikan sesuai yang diinginkan konsumen dan takkalah dengan harga yang lebih mahal, ” imbuhnya.
Ia berharap Android bisa sefenomenal BlackBerry. Namun untuk jangka pendek, Android belum akan mengalahkan BlackBerry, karena saat ini masih dalam tahap pengenalan. “Handsetnya juga masih belum terlalu banyak, ada yang masih setara dan ada beberapa yang lebih mahal dibandingkan BlackBerry.
Untuk tiga bulan ke depan, saya rasa masih di tahap pengenalan, walaupun memang reaksi masyarakat saya rasa sudah sangat baik, ” imbuhnya.
Namun begitu Hioe An Kin mengatakan pada akhir tahun Android sudah membanjir dengan syarat semua pihak bisa mempromosikan produknya secaraoptimal. “Handset Android saya pikir sudah mulai beragam ketika itu, ” jelasnya. Ia menjelaskan pada 2008, kebanyakan orang tidak menyangka BlackBerry bisa sesukses sekarang. Tapi ternyata sekarang BlackBerry bisa begitu terkenal. “Malah banyak gadget yang berusaha mirip atau promosi dengan membawa namaBlackBerry sebagai tolak ukur.
Ini menunjukkan jika soal teknologi atau handphone masyarakat Indonesiamemang positif sekali, ” katanya.


6.     Fakta Unik Android

6.1.   Android merupakan Sistem Operasi Mobile Nomor 1 di Dunia

            Saat ini Android merupakan sistem operasi nomor 1 di dunia untuk ponsel, setelah sebelumnya dipegang oleh Symbian. Kejadian ini tidak diduga oleh banyak pengamat, terutama ketika Samsung membesut Android sebagai rekan untuk ponselnya. Pada akhir 2011, penjualan produk Samsung untuk seri Android jauh meninggalkan Apple, BlackBerry, dan Nokia. Nokia yang yang menggunakan Symbian, sudah bertahun-tahun menjadi produsen ponsel nomor satu di dunia pun akhirnya harus rela melepaskan tahtanya kepada Samsung dengan Android-nya.

6.2.   Sistem Operasi Android Menggunakan Nama Makanan

Jika Anda perhatikan, nama sistem operasi Android pada setiap versinya merupakan nama makanan, terutama makanan penutup. Contohnya adalah Cupcake (android1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2. 2), Gingerbread (Android 2 .3), Honeycomb(Android 3 .0) , Ice Cream (Android 2.4). Honey Comb merupakan sistem operasi yang dikhususkan untuk tablet, sehingga tidak ada ponsel yang menggunakan sistem operasi ini secara resmi. Setiap peningkatan versi dari versi sebelumnya, Android selalu memiliki fitur baru yang tentunya menggoda para pengguna Android untuk mencoba versi Android terbaru.

6.3.   Memiliki Pasar Pribadi

Pasar di sini bukan berarti sebuah tempat berjualan sayuran atau daging seperti di kehidupan sehari-hari. Pasar di sini berarti adalah sebuah wadah untuk menampung aplikasi yang sudah dikembangkan oleh para pengembang, yang disebut dengan Play Store. Para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi dari Play Store, baik itu aplikasi berbayar atau pun berbayar. Jumlah aplikasi Android saat ini sudah mencapai lebih dari 250 ribu aplikasi. Jumlahaplikasi ini terus bertambah dengan semakin banyaknya pengembang yang ikut mengembangkan aplikasi untuk Android.

6.4.   Android Memiliki Pertumbuhan Tercepat

Sistem Operasi Android tumbuh dengan cepat. Dalam 1 tahun terakhir ini saja, pertumbuhan Android sudah mencapai 861%. Sistem operasi miliki Google tumbuh dengan cepat dan di luar dugaan banyak orang. Berbagai jenis pemasaran dan pengembangan yang begitu rapi dan terencana membuat Android berkembang secara cepat dan tak terduga. Bahkan menurut data Google di bulan Desember 2011, ada 700 ribu ponsel Android yang diaktivasi setiap harinya. Padahal menurut data PBB, angka kelahiran bayi di seluruh dunia hanya sekitar 300 ribu per harinya, sudah lebih dari dua kalinya. Benar benar sangat mengagumkan. (irwan, 2012)
Executive Chairman Google Eric Schmidt mengatakan baru baru ini bahwa ada 1,3 juta aktivasi perangkat Android setiap harinya. Executive Chairman Google Eric Schmidt mengatakan saat ini ada 1,3 juta aktivasi perangkat Android setiap harinya. Namun angka tersebut dinilai belum cukup memuaskan sang raksasa internet. Biro riset IDC memperkirakan, Android masih akan memimpin setidaknya empat tahun ke depan atau 2016. Menurut data IDC, pangsa pasar Android saat ini secara global adalah 63,8%. Posisi kedua masih akan ditempati iOS besutan Apple yang saat ini punya pangsa pasar 18,8%.
Android Berdiri Sendiri pada Awalnya
Mungkin masih banyak yang tidak tahu, bahwa sebenarnya Android pada awalnya berdiri sendiri dengan nama Android Inc. Kemudian Android dibeli oleh Google untuk dikembangkan. Salah satu cara untuk mengembangkannya adalah dengan mendirikan Open Headset Alliance yang terdiri dari banyak perusahaan dari seluruh dunia.
Presiden Amerika, Barrack Obama Menggunakan Android
Barrack Obama sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat pun mengganti BlackBerry miliknya dengan Android. Alasannya adalah Android memiliki keamanan yang jauh lebih baik daripada BlackBerry. Obama mengatakan bahwa akan ada rencana untuk melengkapi Angkatan Darat Amerika Serikat dengan ponsel pintar dan mengganti teknologi di kantor kepresidenan dari penggunaan BlackBerry menuju Android.

7.      Arsitektur Android

Diagram dibawah ini merupakan arsitektur dari sistem operasi Android.
Arsitektur-Android-OS.png

5.1  Applications
Android akan mengirimkan serangkaian aplikasi inti, termasuk e-mail, SMS, kalender, peta, browser, kontak, dan lain – lain. Semua aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman Java.




5.2  Application Framework
Arsitektur aplikasi ini dirancang untuk menyederhanakan pengunaan ulang komponen. Aplikasi apapun dapat mem-publish kapabilitas-nya dan kemudian aplikasi lain dapat menggunakannya.
Yang mendasari aplikasi – aplikasi tersebut adalah seperangkat layanan dan sistem, yaitu :
-         Satu set tampilan untuk membangun aplikasi,termasuk list, grid, text box, button, dan bahkan browser.
-         Content providers yang menyediakan aplikasi untuk mengakses data dari aplikasi lain (seperti Kontak), atau untuk data sharing.
-         Resource Manager menyediakan akses ke resource non-code seperti grafik dan file layout.
-         Notification Manager yang memungkinkan semua aplikasi untuk menapilkan custom alert pada status bar.
-         Activity Manager yang mengelola live cycle dari aplikasi dan menyediakan navigasi backstack.

5.3   Libraries
Android memuat seperangkat C / C++ libraries yang digunakan oleh berbagai komponen Android. Beberapa libraries core-nya adalah :
-         Sistem C library, implementasi turunan BSD dari sistem C library standar (libc) yang disesuaikan untuk perangkat berbasis Linux.
-         Media Libraries, berbasis Packet Video’s OpenCore. Support pada library playback, rekaman video dan audio, serta file gambar statis, termasuk MPEG4, MP3, AMR, JPG, PNG.
-         Surface Manager, mengelola akses ketampilan subsistem.
-         LibWebCore, modern web browser engine yang terintegrasi pada Android dan tampilan web browser.
-         SGL, engine grafis 2D.
-         3D libraries, implementasi berbasis OpenGL 1.0 API, library menggunakan hardware 3D.
-         FreeType, bitmap, dan vektor font rendering.
-         SQLite, database relasional engine yang handal dan ringan tersedia untuk semua aplikasi.

5.4   Android Runtime
Setiap aplikasi Android berjalan dalam prosesnya sendiri, contohnya Dalvik Virtual Mesin. Dalvik VM mengeksekisi file dalam format .dex yang dioptimalkan untuk meminimalisir kapasitas memori. VM ini di compile oleh Java Compiler dan ditransformasikan dalam format . dex oleh dx tool.
VM Dalvik bergantung pada kernel Linux untuk fungsionalitas dasar seperti threading dan manajemen memori tingkat rendah.

5.5  Linux Kernel
Android bergantung pada Linux versi 2.6 untuk layanan sistem core seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, network stack dan driver model. Kernel juga bertindak sebagai layer abstraksi antara hardware dan seluruh software stack

8.     Cara Instal OS Android

Cara Instal OS Android
Langkah-langkah:
  1. Ekstrak File Zip Android SDK (Misal belum punya silahkan download aja di Google banyak), kemudian jalankan file SDK MANAGER.EXE.
  1. Akan keluar Jendela Command, tunggu beberapa saat maka aplikasi akan keluar.
  2. Disana kita bisa melihat beberapa Nama-nama Android yang sudah di update, pilih salah satu jenis Android yang ingin anda coba ( Coba salah satu karena tidak bias di jalankan bersamaan sekaligus). Kemudian klik Install Package.
  1. Tunggu beberapa saat, proses download paket Android yang di pilih sedang berjalan. Jika proses installasi telah selesai, maka akan muncul beberapa pemberitahuan yang memberitahukan bahwa Installasi telah selesai di download.
  1. Pilih menu Tools > Manages AVDs. Maka akan keluar Android Virtual Device Manager. Klik New pada pilihan di kanan, kemudian atur dan isi kolom sesuai dengan Jenis Android yang di pilih tadi di awal.
               



  1. Klik sekali pada nama device yang baru di buat lalu klik menu START.
  1. Setelai selesai maka anda bisa melihat tampilan Jenis Android yang ada pilih tadi, pada gambar di bawah ini saya mencoba menggunakan Android 2.3.6.

9.     Root Android

ROOT
Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

            Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.
Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?
Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brick atau handphone tidak dapat menyala (Mati Total), oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.
Kelebihan Dan Kekurangan Root Android
Kekurangan Root Android:
1.      Garansi handphone hilang
2.     Mudah terserang virus

Keuntungan Root Android:
1.       Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root
2.      Dapat menginstall custom ROM
3.      Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.
4.      Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik (Aplikasi Asli)
Kesimpulan:
Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap handphone. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas handphone Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan. Jika handphone sudah di root maka akan menu baru yaitu Superuser.



10.                        Custom Rom

Pengertian Custom ROM
Kata custom ROM atau CusROM tentu tidak asing lagi bagi anda pengguna android, berbagai developer menyediakan custom ROM sehingga anda dapat mengganti ROM anda, ROM – Read Only Memory adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum baik Stock ROM maupun Custom ROM bisa diartikan  sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama) yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih bisa apa saja sesuai keinginan, tentunya tetap berbasis versi firmware asli/Stock ROM dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut. Secara teknis file sistem dalam Stock ROM perangkat diambil-download oleh Custom Developer dari pihak ketiga untuk dimodifikasi mereka sesuai keinginan, selanjutnya ditanamkan lagi keperangkat tersebut atau keperangkat lain yang support melalui metode flashing.
Tujuan Custom ROM
Tujuan pembuatan Custom ROM adalah untuk mengubah dan atau menambah fitur dari firmware perangkat Android sehingga mempunyai kemampuan, keandalan serta kinerja-performance melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh firmware asli-nya.





Keuntungan & Kerugian Custom ROM

Keuntungan Custom ROM adalah:

ü  Ada berbagai macam pilihab custom ROM
ü  -Feedback kepada pengembang custom ROM semudah mengirimkan pesan pada sebuah forum komunitas online dan menghasilkan cara yang lebih efisien dalam menangani laporan atas adanya bug.
ü  -Peningkatan kinerja dan optimasi pada kinerja ponsel melebihi framware asli bawaan pabrik.
ü  Pemberitahuan update yang lebih cepat
ü  Memaksimalkan penggunaan memori SD Card eksternal sebagai tempat menyimpan Aplikasi karena semua aplikasi meskipun bawaan pabrik dapat di pindah ke memori SD, karena pada umumnya memori internal bawaan handphone terlalu minim.
ü  Restriksi yang ada pada stock ROM menghilang, sehingga anda dapat mengakses system dengan lebih leluasa.
ü  Ada beberapa Custom ROM yang menawarkan firmware hemat baterai, jadi baterai pada smartphone menjadi sedikit lebih hemat.
ü  -Ada beberapa Custom ROM yang menawarkan fitur Over Clocking, Under Volting dan lain-lain yang terintegrasi , sehingga akses aplikasi perangkat lebih cepat atau sesuai kebutuhan anda
ü  -Dimungkinkannya user atau pengguna untuk root akses-Rooted ke perangkat serta memudahkan Install Aplikasi tanpa menuju Play Store Android.

Kerugian Custom ROM adalah:
-         Banyak custom ROM yang memiliki banyak bug saat pertama rilis, dan menginstal custom ROM dengan kondisi seperti ini bisa mengakibatkan perangkat Android Anda kehilangan file atau corrupt critical files hingga mati total.
-         Beberapa Custom ROM malah dapat menjadi masalah pada perangkat anda (bug).
-         Ada beberapa custom ROM yang dalam beberapa kasus diambil dari ROM perangkat Android lain, bisa mengakibatkan suatu fitur tidak berfungsi dengan benar sehingga fungsi beberapa bagian perangkat akan hilang atau tidak bisa digunakan setelah anda menginstall beberapa jenis ROM yang dimodifikasi tersebut, tidak sebelum anda menggunakan firmware asli atau Stock ROM.
-         Garansi ponsel akan hilang setelah melakukan Custom ROM
-         Apabila terjadi sedikit kesalahan maka perangkat bisa menjadi mati total (Matot)
                                   

DAFTAR PUSTAKA


http://www.tasikisme.com/index.php?option=com_content&view=article&id=5684:kelebihan-dan-kekurangan-handphone-android&catid=43:mobile-tips&Itemid=70
http://www.android-indonesia.com/home/5-memulai-android-/10767-kelemahan-android?limit=6&start=30
http://www.se-indo.net/showthread.php/6924-Kelebihan-Android-dari-OS-laen
http://hendramobilesolution.wordpress.com/2010/07/21/kelebihan-android-dibanding-iphone/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3517895http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
http://developer.android.com/guide/basics/what-is-andrandroid.html
http://www.scribd.com/doc/55060328/Makalah-Android-Tugas-Sistem-Operasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar