Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen pengampu :
Septia Lutfi,S.Kom, M.Kom
Oleh
Suko Bintoro
1102409003
JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI
PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah penyusun
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat-NYA, sehingga
penyusun mampu menyelesaikan Makalah ini sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu syarat
penilaian mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang meliputi nilai
tugas dan nilai keaktifan.
Penyusunan makalah ini tidak berniat
untuk mengubah materi yang sudah tersusun. Namun, hanya lebih pendekatan pada
study banding atau membandingkan beberapa materi yang sama dari berbagai
referensi yang semoga bisa memberi tambahan pada hal yang terkait dengan
Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.
Saya sebagai penyusun pastinya tidak
pernah lepas dari kesalahan. Begitu pula dalam penyusunan makalah ini, yang
mempunyai banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mohon maaf atas segala
kekurangannya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Septia Luthfi, S.Kom,
M.Kom sebagai pengajar mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang
telah membimbing dalam penyusunan makalah ini. Tidak lupa pula kepada
rekan-rekan yang telah ikut berpartisipasi. Sehingga makalah ini selesai tepat
pada waktunya
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi
semakin pesat dan cepat, khususnya teknologi informasi dan komunikasi.
Hal ini membuat manusia bagaikan tak terpisah oleh jarak ruang dan waktu.
Dengan perkembangan teknologi yang kian maju, manusia dapat membuat berbagai
macam peralatan sebagai alat bantu dalam menjalankan berbagai aktivitas untuk
mendukung produktifitas.
1.2. I.2 Rumusan masalah
1.3. Rumusan masalah yang dibahas pada karya tulis ini adalah:
- Apa pengertian Java ?
- Apa sejarah Java ?
- Variable java ?
- Istilah-Istilah dalam java ?
- Apa Tipe data Java ?
- Bagaimana Operator java bekerja ?
- Bagaimana Pemograman java ?
- Apa Kelebihan dan kekurangan java?
1.4. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan
karya tulis ini adalah:
1. Mengerti pengertian Java
2. Mengerti
sejarah Java
- Mengerti Variable java
- Istilah-Istilah dalam java
- Mengerti Tipe data Java
- Mengerti Operator java
- Mengerti pemograman java
- Kelebihan dan kekurangan java?
1.5. I.4 Manfaat
Manfaat penulisan memiliki mafaat bagi beberapa
pihak, yaitu
- Bagi penulis adalah lebih mengetahui sejarah, tipe data dan mammpu mengoperasikan pemograman java
- Bagi pembaca adalah pembaca bisa mengetahui mengenai hal-hal yang berhubungan dengan java setelah membaca resume ini.
- Bagi masyarakat masyarakat mampu mengetahui dengan lebih tentang android java dan bisa menjadi acuan atau refrensi yang berkenaan dengan pemograman java.
1.
Pengertian
Java
java
adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk
telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995.
Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa
scripting yang digunakan oleh web browser. Java juga dapat diartikan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada
komputerstand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi
keduadari java platform. Kata berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang
diberimana Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca
bytecodedalam file.class dari suatu program sebagai representasi langsung
dariprogram yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa java
disebutsebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan
padaberbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat
JVM.Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi.java
harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecodetersebut
dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkanpemakai untuk
menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru
lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan.Java memiliki beberapa
versi library atau teknologi yang disebut jugasebagai edisi dari bahasa
pemrograman Java. Tiga edisi utama dari librarytersebut adalah Micro, Standard,
dan Enterprise. J2ME (Java2 Micro Edition)merupakan edisi library yang
dirancang untuk digunakan pada devicetertententu seperti pagers dan mobile
phone. J2SE (Java2 Standard Edition)merupakan edisi library yang dirancang
untuk membuat aplikasi desktop atauapplet pada web browser. J2EE (Java2
Enterprise Edition) merupakan edisilibrari Java yang dirancang untuk membuat
sebuah aplikasi enterprise yangmemerlukan antarmuka dengan sumber data (data
source) atau dapat puladikatakan bahwa J2EE adalah kelompok yang lebih besar
dengan J2SE didalamnya
2. Sejarah perkembangan Java
Bahasa
Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yangberjalan selama 18
bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992.Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek inidimotori
oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy,beserta
sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasilproyek ini
adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.Pertemuan proyek berlangsung di
sebuah gedung perkantoran Sand HillRoad di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992
proyek ini ditutup denganmenghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang
ditujukan sebagaipengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh
(touch screen),seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai
"*7" (Star Seven).Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak
perusahaan TV kabeltertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green
Project. Merekamemusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100
HamiltonAvenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan
meningkatdalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini
jugaditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja danide
di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakanrintisan, yang
dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.Mereka menjadikan perambah
(browser ) Mosaic sebagai landasan awaluntuk
membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner,terinsipirasi dari film
1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilispertama, Web Runner berganti nama
menjadi Hot Java.Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber
Javaversi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan
pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury Newspada tanggal 23 Mei1995.Sayang terjadi perpecahan di antara
mereka suatu hari pada pukul 04.00di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga
dari pimpinan utama proyek,
Eric
Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama MarcAndreessen, membentuk Netscape.Nama Oak, diambil
dari pohon oak yang tumbuh di depan jendelaruangan kerja "bapak
java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release
Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar denganmerek dagang tersebut,
sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java".Nama ini diambil
dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopitubruk) kesukaan Goslin Versi awal Java ditahun 1996
sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini
menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi
selanjutnya:
3. Variable Java
Bahasa pemrograman pada umumnya, mengenal adanya
variabel yangdigunakan
untuk menyimpan nilai atau data. Sedangkan Java sendiri dikenalsebagai bahasa pemrograman dengan sifat
strongly typed yang artinya diharuskan
mendeklarasikan tipe data dari semua variabel, dan apabila lupaatau salah
mengikuti aturan pendeklarasian variabel, maka akan mendapatkanerror pada
saat proses kompilasi.Variabel merupakancontainer yang digunakan untuk menyimpan suatunilai
pada sebuah rogram dengan tipe tertentu. Untuk mendefinisikanvariabel, kita
dapat menggunakan identifier ntuk menamai variabel tersebut.
3.1. Identifier
Identifier
adalah kumpulan karakter yang dapat digunakan untuk menamai variabel,
method, lass, interface, dan package. Sebagaimanabahasa pemrograman pada
umumnya, Java memiliki peraturan untuk identifier yang valid atau sah.
Identifier bisa disebut valid atau sah apabiladiawali dengan :-
Huruf / abjad-
Karakter mata uang-
Underscore ( _ )Identifier dapat
terdiri dari :-
Huruf / abjad-
Angka-
Underscore ( _ )
Identifier tidak boleh mengandung @, spasi atau diawali
denganangka. Selain itu, identifier tidak boleh menggunakan keyword
ataukatakata yang memiliki arti atau digunakan dalam pemrograman Java.Daftar
Keyword Java :abstact double int strictfpboolean flse static superbreak fxtends
long switchbyte final native synchronizedcase finally new thiscatch float
package throwchar for private throwsclass goto protected transientconst if public
trycontinue implements return voiddefault import short volatiledo instanceof
interface whileSelain menggunakan karakter biasa, kita juga dapat
menggunakanunicode sebagai identifier.
3.2. Deklarasi Variabel
Sintaks dasar :
[tipe data] [nama variabel]
Menuliskan tipe data dari variabel,
contoh :
int bilangan;char karakter;float
bildesimal;boolean status;
Setelah mendeklarasikan variabel
dengan tipe data, selanjutnyamemberikan nilai variabel tersebut dengan tanda =
.
bilangan = 20;
karakter = ‘k’;
bildesimal = 22.2f;status =
true;
Dapat juga mendeklarasikan dan
memberikan nilai dalam satu baris.
int bilangan = 20;
char karakter = ‘k’;
float bildesimal =
22.2f;boolean status = true;
Kita dapat membuat variabel menjadi
konstanta yang tidak dapatdiubah nilainya dengan menambahkan keyword sebelum
tipe data darivariabel.Contoh :
final int konstantainteger =
10;final float pajak = 15.5;
Agar konstanta ini dapat diakses
oleh class lain tanpa harusmembuat objek terlebih dahulu, maka kita dapat
menambahkan modifierpublic dan keyword static seperti berikut :
public static final konstantainteger
= 10;
4. Istilah – istilah dalam java
Pernyataan
Switch
switch
(Controlling_Expression)
{
case
Case_Label_1:
Statement_Sequence_1
break;
case
Case_Label_2:
Statement_Sequence_2
break;
case
Case_Label_n:
Statement_Sequence_n
break;
default:
Default_Statement Sequence
break;
}
Operator
bersyarat
operator
Bersyarat adalah varian notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
kata lain disebut juga operator
ternary atau aritmetika , contoh
if (n1 > n2) max = n1;
else max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1 : n2;
Ekspresi di sebelah kanan operator penugasan adalah operator ekspresi dari
ekspresi kondisional Boolean
Jika benar, maka ekspresi
dievaluasi ke nilai ungkapan pertama (n1), selain untuk mengevaluasi nilai dari
ekspresi kedua (n2)
Ekspresi Boolean
Ekspresi Boolean adalah
ekspresi benar atau salah
ekspresi Boolean yang paling
sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi <== myScore yourScore
waktu batas
Catatan bahwa Java menggunakan
dua tanda sama dengan (==) untuk pengujian kesetaraan: A sama satu sign (=)
digunakan hanya untuk tugas Ekspresi
Boolean yang ditutupi dalam
kurung tersebut tidak diperlukan, kecuali ia digunakan dalam pernyataan jika
Perangkap
menggunakan string
Kesetaraan operator perbandingan
(==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe primitif,
namun ketika diterapkan pada dua benda sebagai
obyek uji String kelas == untuk melihat jika
mereka disimpan dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau tidak
mereka memiliki
Untuk
sedikit nilai tes yang sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai
yang sama, menggunakan metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase
string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)
Leksikografis
dan urutan abjad
Leksikografis
server sama dengan ASCII server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
Semua
karakter dalam urutan abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi
huruf kapital semua datang sebelum huruf kecil
Jika s1 dan
s2 adalah dua variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian
s1.compareTo (s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka
leksikografis, kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif
jika s1 s2
Ketika
datang sebelum melakukan perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan
leksikografis), yang terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan
metode tidak compareToIgnoreCase
Membuat
ekspresi Boolean
Ketika dua
ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "dan" (&
&) operator, seluruh ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
jika ekspresi salah
Ketika dua
ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |)
operator, yang seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
dari istilah
ini adalah salah hanya jika kedua ekspresi palsu
Setiap ekspresi Boolean dapat menegasikan menggunakan!
Tempat
operator ekspresi dalam tanda kurung dan tempat!
Tidak seperti operator di depan
notasi matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh & &
Gunakan (min
<hasil) & & (hasil <max) daripada min <hasil <maks
Evaluasi
Ekspresi Boolean
·
Meskipun
ekspresi Boolean yang digunakan untuk mengontrol cabang dan laporan loop,
ekspresi Boolean dapat eksis secara independen atau variable
v Boolean dapat diberikan nilai
ekspresi Boolean menggunakan
·
Boolean Expression
tugas laporan dapat dievaluasi dengan cara yang sama bahwa ekspresi aritmatika
dievaluasi
v Satu-satunya perbedaan adalah bahwa
ekspresi aritmatika menghasilkan sejumlah sebagai hasilnya, sementara ekspresi
Boolean menghasilkan baik benar atau salah sebagai akibatnya mereka
boolean
madeIt = (time < limit) && (limit < max);
Truth Tables
Hubungan singkat dan Evaluasi lengkap
Java
dapat mengambil jalan pintas ketika mengevaluasi bagian pertama dari ekspresi
Boolean hasil dari bagian kedua bahwa evaluasi tidak dapat mengubah
disebut sirkuit evaluasi singkat atau evaluasi malas,
misalnya, ketika mengevaluasi dua subexpressions Boolean bergabung oleh
& &, jika yang pertama subexpression mengevaluasi ke false, maka
ekspresi akan mengevaluasi seluruh ke false, tidak peduli nilai subexpression
kedua cara itu, ketika mengevaluasi dua subexpressions bergabung dengan
Boolean | |, jika subexpression pertama mengevaluasi true, maka ekspresi akan
mengevaluasi seluruh menjadi true
Ada saat-saat ketika menggunakan evaluasi hubung singkat dapat mencegah
kesalahan runtime
contoh berikut, jika jumlah anak-anak adalah sama dengan nol, maka
subexpression kedua tidak akan dievaluasi, sehingga mencegah membagi dengan nol
kesalahan
Perhatikan bahwa urutan terbalik dari subexpressions tidak akan mencegah
hal ini
if ((kids !=0) &&
((toys/kids) >=2)) . . .
Kadang-kadang
lebih baik untuk selalu mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk
evaluasi yang lengkap Dalam hal ini, menggunakan & dan | operator daripada
& & dan | |
Pendahuluan
dan peraturan Associativity
·
Boolean dan
ekspresi aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung
·
Jika
beberapa atau semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti preseden dan
aturan associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan
operasi
v jika satu operator terjadi lebih
tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak yang lebih tinggi dan
dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
v Jika dua operator memiliki hak yang
sama, maka aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan pertama
mengevaluasi
ekspresi
·
Secara umum,
kurung dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer
v Daripada mengandalkan aturan
protokoler dan associativity, yang terbaik adalah memasukkan tanda kurung siku,
kecuali arti yang diinginkan jelas
·
Binding:
Hubungan dari operan dengan operator mereka
v ekspresi kurung menyelesaikan dan
sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
·
Side
Effects: Bila, selain untuk nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti
nilai-nilai dari variable
v tugas,
meningkatkan dan operator penurunan semua menghasilkan efek samping
Aturan untuk
mengevaluasi ekspresi
·
Tentukan
setara
v sepenuhnya melakukan ekspresi
mengikat menggunakan kurung yang benar dan aturan associativity
·
Prosiding
kiri ke kanan, mengevaluasi apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
v subexpressions
atau metode argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numerik
·
untuk setiap
operasi asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu)
telah dievaluasi
Pengulangan
·
Loop di Java
sama dengan dalam bahasa tingkat tinggi lain
·
java
memiliki tiga jenis laporan loop: Sementara itu, sementara agenda, dan
melaporkan
v kode berulang dalam satu lingkaran
loop disebut tubuh disebut tubuh
v masing-masing loop-loop iterasi
putaran
Pernyataan
While
·
Sebuah
pernyataan yang sementara digunakan untuk mengulang bagian dari kode tersebut
(yaitu, tubuh loop) berdasarkan evaluasi ekspresi
v ekspresi Boolean Boolean diperiksa
sebelum tubuh loop dijalankan ka salah, tubuh loop tidak
dijalankan sama sekali
v sebelum
pelaksanaan setiap loop iterasi berikut tubuh, ekspresi Boolean diperiksa
kembali
Ø Jika itu benar,
tubuh loop dijalankan lagi
Ø Jika salah,
pernyataan itu mengakhiri loop
v tubuh loop
dapat terdiri dari sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi
dalam sepasang kurung (())
Pernyataan
Do- while
·
Do- while
pernyataan yang digunakan untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh
loop), kemudian ulangi berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
v dari tubuh loop dieksekusi
sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø Boolean diperiksa setelah tubuh loop
dijalankan adalah
·
ekspresi
Boolean diperiksa setelah setiap iterasi dari tubuhar, tubuh loop
dijalankan lagi palsu,
pernyataan loop ujung
lupa untuk meletakkan titik koma setelah ekspresi
Boolean
·
Sebagai
laporan sementara, tubuh loop dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau
pernyataan yang ditutupi dalam sepasang tanda kurung (())
Algoritma
dan kode pseudo
·
Bagian yang
sulit untuk memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan dengan aturan
sintaks bahasa pemrograman
·
Sebaliknya,
ia datang dengan metode solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit
·
algoritma
adalah satu set instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi
v algoritma biasanya ditulis dalam
pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan bahasa manusia, seperti
bahasa Inggris
v Pseudocode harus tepat dan cukup
jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi sintaktis
kode yang benar,
v bagaimanapun, adalah jauh lebih kaku
daripada kode pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin sintaksis atau
negara bagian variabel, misalnya
Pernyataan
For
·
Untuk klaim
yang paling sering digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang
sama
·
diawali dengan
kata kunci for, diikuti dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa
yang harus dilakukan dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
v ekspresi pertama memberitahu
bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi atau dideklarasikan dan
diinisialisasi sebelum iterasi pertama
v ekspresi kedua menentukan waktu loop
harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean sebelum setiap iterasi
v ekspresi ketiga menceritakan
bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui setelah setiap tubuh
loop iterasi
Pernyataan
syntax for
for
(inisialisasi; Boolean_Expression; Update) Badan
·
Pengawas
dapat terdiri dari pernyataan tunggal atau daftar laporan tertutup dalam
sepasang tanda kurung (())
·
Perhatikan bahwa
tiga ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
·
Perhatikan
bahwa ada tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop
Tanda koma
dari pernyataan for
·
for loop
dapat berisi beberapa inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
v Perhatian harus digunakan ketika
menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan
v ini ilegal untuk menggabungkan
beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti
v Untuk menghindari masalah yang
mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua variabel luar pernyataan
for
·
A untuk loop
dapat berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal
v ini bahkan dimungkinkan untuk
menghilangkan tubuh loop di jalan,
·
namun, untuk
loop hanya dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir
Contoh
program import java.util.Scanner;
public class
coba
{
public static void main(String args[])
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
int barang,pilihan,banyak,harga;
System.out.println("LPKIAMART");
System.out.println("selamat datang
selamat berbelanja");
System.out.println("1. ice cream
magnum");
System.out.println("2. susu
ultra");
System.out.println("3. pulpy
orange");
System.out.println("4. lays keripik
kentang");
System.out.println("5. coca cola");
System.out.println("6. sari roti
sandwich");
System.out.print("masukan barang yang
anda pilih : ");
barang = input.nextInt();
switch(barang)
{
case
1 : System.out.println("nama barang : ice cream magnum");
System.out.println("harga satuan :
8.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan
anda beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 8500;
System.out.print("Total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case
2 : System.out.println("nama barang : susu ultra");
System.out.println("harga satuan
: 4.500");
System.out.print("berapa banyak
yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 4500;
System.out.print("total harga :
");
System.out.println(harga);
break;
case
3 : System.out.println("nama barang : pulpy orange");
System.out.println("harga satuan
: 6.500");
System.out.print("berapa banyak
yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 6500;
System.out.print("total harga :
");
System.out.println(harga);
break;
case
4 : System.out.println("nama barang : lays keripik kentang");
System.out.println("harga satuan
: 7.500");
System.out.print("berapa banyak
yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 7500;
System.out.print("total harga :
");
System.out.println(harga);
break;
case
5 : System.out.println("nama barang : coca cola");
System.out.println("harga satuan
: 5.000");
System.out.print("berapa banyak
yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 5500;
System.out.print("total harga :
");
System.out.println(harga);
break;
case
6 : System.out.println("nama barang : sari roti sandwich");
System.out.println("harga satuan
: 2.500");
System.out.print("berapa banyak
yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 2500;
System.out.print("total harga :
");
System.out.println(harga);
break;
public static void m
5. Tipe data Java
Java memiliki tipe data yang dapat
dikategorikan menjadi duakelompok, yaitu tipe data primitif dan referensi.
- Tipe Data Primitif
Delapan macam tipe data primitif
dalam pemrograman Java, yaitu :
.
- Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan tipe data numerik yang digunakan
apabilatidak berurusan dengan pecahan atau bilangan desimal. Tipe datanumerik
yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
Bilangan
integer biasanya menggunakan int, dan bukan byte,short maupun long. Bilangan
integer juga mengenal nilai positif dannegatif ( signed number). Tipe data
byte dan short hanya digunakanpada aplikasi
khusus yang memperhatikan penggunaan memori.Sedangkan long jarang digunakan
karena jarang memerlukan bilangansebesar kapasitas long.
- Floating Point ( Bilangan Pecahan )
Floating
Point digunakan untuk menangani bilangan decimal atauperhitungan yang lebih
detail dibanding integer. Ada dua macamfloating point, yaitu :
Semua
bilangan pecahan atau desimal dalam Java tanpa diakhiri huruf f akan
dianggap sebagai double. Sedangkan bilangan yang ingindikategorikan sebagai
float harus diakhiri dengan huruf F Misalnya :4.22 F atau 2.314f. Sedangkan untuk bilangan double, bisa menambah
dengan huruf D, karena secara default bilangan dengan koma atau
pecahan ataudesimal akan dianggap sebagai double.
- Char
Char
adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawalidan diakhiri dengan
tanda „ (petik tunggal). Char berbeda dengan String, karena String bukan
merupakan tipe data primitif, tetapi sudahmerupakan sebuah objek. Tipe char
mengikuti aturan unicode, sehinggadapat menggunakan kode /u kemudian diikuti
bilangan dari 0 sampai65535, tetapi yang biasa digunakan adalah bilangan
heksadesimal dari
0000 sampai FFFF. Misalnya :
„\ u123‟
Selain karakter biasa, juga terdapat
karakter khusus yangdidefinisikan dengan cara mengawalinya menggunakan tanda \
sepertipada tabel berikut :
- Boolean
Dalam Java dikenal tipe data boolean
yang terdiri dari dua nilaisaja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting
dalam mengevaluasisuatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur
program.
Tipe
Data Referensi
Kelebihan pemrograman berorientasi
objek adalah dapatmendefinisikan tipe data baru yang merupakan objek dari class
tertentu.Tipe data ini digunakan untuk mereferensikan objek atau class
tertentu,seperti String.
6. Operator java
Operator Java merupakan karakter khusus yang berupa simbol
atautanda yang memerintahkan Compiler untuk
melakukan berbagai operasi terhadap sejumlah operan Perintah
operasi dispesifikasikan oleh operator,dimana operand-nya adalah variabel,
pernyataan, atau besaran literal.Operator yang dibahas pada bagian ini adalah
operator aritmatika,increment dan decrement, assignment (penugasan), relasi,
logical, danbitwise.
a.
Operator Aritmatika
Sama halnya dengan semua bahasa
pemrograman, Java menyediakanoperator-operator
aritmatika untuk manipulasi variabel data numerik.Operator-operator tersebut
antara lain :
b.
Operator Increment dan Decrement
Operator Increment dan Decrement digunakan untuk menaikan
ataumenurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak satu satuan, danhanya dapat digunakan pada variabel.Ada dua
versi operator increment maupun decrement, yaitu prefixdan postfix. Prefix
berarti operator digunakan sebelum variabel atauekspresi, dan postfix berarti
operator digunakan sesudahnya. Penjelasanselengkapnya
yaitu :
c.
Operator Assignment ( Penugasan )
Operator
assignment dalam Java digunakan untuk memberikan sebuah nilai ke sebuah
variabel. Operator assignment hanya berupa „=‟, namun selain itu dalam Java
dikenal beberapa shortcut
assignment operator yang penting, yang digambarkan dalam tabel
berikut :
d.
Operator Relasi
Operator relasi dalam Java digunakan
untuk menghasilkan nilaiboolean yang sering digunakan untuk mengatur alur
jalannya sebuah program
e. Operator Logical
Operator
ini digunakan untuk ekspresi logik yang menghasilkan nilaiboolean.
Operator-operator yang digunakan adalah AND ( && ), OR ( ¦ ¦ )dan NOT (
! ).
f.
Operator Bitwise
Operator ini dalam Java digunakan
untuk melakukan manipulasi bit.
1.1.
Bitwise AND
Bitwise AND akanmenghasilkan bit “1”, jika kedua
operator bernilai bit “1”. Operasi bitwise AND dapat digambarkan
sebagai berikut :
1.2.Bitwise
OR
Bitwise OR akanmenghasilkan bit “1”, jika salah satu
operator bernilai bit “1”. Operasi bitwise OR dapat digambarkan
sebagai berikut :
1.3.Bitwise
XOR ( Exclusive OR )
Bitwise XOR akan menghasilkan bit “1”, jika kedua
operator memiliki nilai bit yang berbeda. Operasi bitwise XOR dapatdigambarkan
sebagai berikut :
1.4.Bitwise
Complement
Bitwise Complement akan menghasilkan bit yang
berlawanandengan bit yang dioperasikan. Operasinya dapat digambarkan
sebagaiberikut :
g.
Operator Precedence
Operasi-operasi yang menggunakan
operator dapat melibatkan lebihdari 1 operator dan 1 operand. Adapun urutan
precedence operator dalamJava, dapat digambarkan dalam tabel berikut :
7. Pemograman Java
Di bawah ini adalah contoh program
chatting beserta preview hasilnyayang dibuat
dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
1.
Server mengirim data ke Client
Untuk mengkompile dan
menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :
Server ke Client
- Kompile Server Ku1.java :
C:\>
javac ServerKu1.java
Jalankan
program :
C:\>
java ServerKu1
Output
yang akan dihasilkan adalah :
- Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu1
Output yang
akan dihasilkan adalah :
Setelah
ClientKu1.class dijalankan maka anda bisa mengetikkan kalimat di jendela
Server dan akan di tampilkan di jendela klien. Untuk mengakhiri koneksi,anda
bias menekan enter dua kali atau menutup dari jendela windows.
Client
ke Server1
- Kompile ServerKu2.java :
C:\> javac ServerKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu2
Output yang akan dihasilkan adalah :
- Kompile ClientKu2.java :
C:\> javac ClientKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu2
Output yang
akan dihasilkan adalah :
Setelah
ServerKu2.class dan ClientKu2.class di jalankan, sekarang kesempatan bagi anda
untuk menulis pesan di klien dan nantinya akan di teruskan ke server.
8. Kelebihan dan kekurangan java
8.1.
Kelebihan
Multiplatform Kelebihan
utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi
komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan
kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi
(diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode)
sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan.
Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas
operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows.
Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS
dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya
sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan
bytecode tersebut.
OOP (Object Oriented Programming
- Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java
merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe
data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan
pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan
sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.
Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah,
bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan
(kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat
memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang
besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk
melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
Bergaya C++,
memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak
pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak,
sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.
Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan
mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh
murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram
tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam
bahasa C++ yang dipakai secara luas).
8.2.
Kekurangan
Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu
dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang
tidak berfungsi pada Mac OS X.
Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber.
Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak
atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data.
Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian,
algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah
dibajak/direverse-engineer.
Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada
bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih
spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah
bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang
makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat
dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
DAFTAR
PUSTAKA
http://pahlawanbetopenk.blogspot.com/2011/01/makalah-program-java.htm
http://ilmukomputer.org/2009/05/pemrograman-dengan-c-part-ii/
http://ilmukomputer.org/2009/05/pemrograman-dengan-c-part-iii/
http://id.wikipedia.org/wiki/java
http://ilmukomputer.org/2009/05/pemrograman-dengan-c-part-iii/
http://id.wikipedia.org/wiki/java
http://oka-karteng.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar