Rabu, 20 November 2013

JAVA










Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen pengampu : Septia Lutfi,S.Kom, M.Kom

Logo Unnes.jpg
Oleh
Suko Bintoro
1102409003


JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013




KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat-NYA, sehingga penyusun mampu menyelesaikan Makalah ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu syarat penilaian mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang meliputi nilai tugas dan nilai keaktifan.
Penyusunan makalah ini tidak berniat untuk mengubah materi yang sudah tersusun. Namun, hanya lebih pendekatan pada study banding atau membandingkan beberapa materi yang sama dari berbagai referensi yang semoga bisa memberi tambahan pada hal yang terkait dengan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.
Saya sebagai penyusun pastinya tidak pernah lepas dari kesalahan. Begitu pula dalam penyusunan makalah ini, yang mempunyai banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mohon maaf atas segala kekurangannya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Septia Luthfi, S.Kom, M.Kom sebagai pengajar mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah membimbing dalam penyusunan makalah ini. Tidak lupa pula kepada rekan-rekan yang telah ikut berpartisipasi. Sehingga makalah ini selesai tepat pada waktunya 

Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang

Perkembangan teknologi  semakin pesat dan cepat, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini membuat manusia bagaikan tak terpisah oleh jarak ruang dan waktu. Dengan perkembangan teknologi yang kian maju, manusia dapat membuat berbagai macam peralatan sebagai alat bantu dalam menjalankan berbagai aktivitas untuk mendukung produktifitas.

1.2.   I.2 Rumusan masalah

1.3.   Rumusan masalah yang dibahas pada karya tulis ini adalah:

  1. Apa pengertian Java ?
  2. Apa sejarah Java ?
  3. Variable java ?
  4. Istilah-Istilah dalam java ?
  5. Apa Tipe data Java ?
  6. Bagaimana  Operator java bekerja ?
  7. Bagaimana Pemograman java ?
  8. Apa Kelebihan dan kekurangan java?

1.4.   Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan karya tulis ini adalah:
1.       Mengerti pengertian Java
2.      Mengerti sejarah Java
  1. Mengerti Variable java
  2.  Istilah-Istilah dalam java
  3. Mengerti  Tipe data Java
  4.  Mengerti Operator java
  5. Mengerti  pemograman java
  6. Kelebihan dan kekurangan java?

1.5.   I.4 Manfaat

Manfaat penulisan memiliki mafaat bagi beberapa pihak, yaitu
  1. Bagi penulis adalah lebih mengetahui sejarah, tipe data dan mammpu mengoperasikan pemograman java
  2. Bagi pembaca adalah pembaca bisa mengetahui mengenai hal-hal yang berhubungan dengan java setelah membaca resume ini.
  3. Bagi masyarakat masyarakat mampu mengetahui dengan lebih tentang android java dan bisa menjadi acuan atau refrensi yang berkenaan dengan pemograman java.


1.     Pengertian Java
       java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser. Java juga dapat diartikan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputerstand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi keduadari java platform. Kata berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberimana Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecodedalam file.class dari suatu program sebagai representasi langsung dariprogram yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa java disebutsebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan padaberbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM.Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi.java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecodetersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkanpemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan.Java memiliki beberapa versi library atau teknologi yang disebut jugasebagai edisi dari bahasa pemrograman Java. Tiga edisi utama dari librarytersebut adalah Micro, Standard, dan Enterprise. J2ME (Java2 Micro Edition)merupakan edisi library yang dirancang untuk digunakan pada devicetertententu seperti pagers dan mobile phone. J2SE (Java2 Standard Edition)merupakan edisi library yang dirancang untuk membuat aplikasi desktop atauapplet pada web browser. J2EE (Java2 Enterprise Edition) merupakan edisilibrari Java yang dirancang untuk membuat sebuah aplikasi enterprise yangmemerlukan antarmuka dengan sumber data (data source) atau dapat puladikatakan bahwa J2EE adalah kelompok yang lebih besar dengan J2SE didalamnya

2.     Sejarah perkembangan Java

            Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yangberjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992.Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek inidimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy,beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasilproyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand HillRoad di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup denganmenghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagaipengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen),seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabeltertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Merekamemusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 HamiltonAvenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkatdalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini jugaditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja danide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakanrintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.Mereka menjadikan perambah (browser ) Mosaic sebagai landasan awaluntuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner,terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilispertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Javaversi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury Newspada tanggal 23 Mei1995.Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek,
 

Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama MarcAndreessen, membentuk Netscape.Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendelaruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar denganmerek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java".Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopitubruk) kesukaan Goslin Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

3.     Variable  Java

                Bahasa  pemrograman pada umumnya, mengenal adanya variabel yangdigunakan untuk menyimpan nilai atau data. Sedangkan Java sendiri dikenalsebagai bahasa pemrograman dengan sifat strongly typed  yang artinya diharuskan mendeklarasikan tipe data dari semua variabel, dan apabila lupaatau salah mengikuti aturan pendeklarasian variabel, maka akan mendapatkanerror pada saat proses kompilasi.Variabel merupakancontainer  yang digunakan untuk menyimpan suatunilai pada sebuah rogram dengan tipe tertentu. Untuk mendefinisikanvariabel, kita dapat menggunakan identifier ntuk menamai variabel tersebut.



3.1.   Identifier

Identifier adalah kumpulan karakter yang dapat digunakan untuk menamai variabel, method, lass, interface, dan package. Sebagaimanabahasa pemrograman pada umumnya, Java memiliki peraturan untuk identifier yang valid atau sah. Identifier bisa disebut valid atau sah apabiladiawali dengan :-

Huruf / abjad-

Karakter mata uang-

Underscore ( _ )Identifier dapat terdiri dari :-

Huruf / abjad-

Angka-

Underscore ( _ )
 
Identifier tidak boleh mengandung @, spasi atau diawali denganangka. Selain itu, identifier tidak boleh menggunakan keyword ataukatakata yang memiliki arti atau digunakan dalam pemrograman Java.Daftar Keyword Java :abstact double int strictfpboolean flse static superbreak fxtends long switchbyte final native synchronizedcase finally new thiscatch float package throwchar for private throwsclass goto protected transientconst if public trycontinue implements return voiddefault import short volatiledo instanceof interface whileSelain menggunakan karakter biasa, kita juga dapat menggunakanunicode sebagai identifier.

3.2.   Deklarasi Variabel

Sintaks dasar :
[tipe data] [nama variabel]
Menuliskan tipe data dari variabel, contoh :
int bilangan;char karakter;float bildesimal;boolean status;
Setelah mendeklarasikan variabel dengan tipe data, selanjutnyamemberikan nilai variabel tersebut dengan tanda = .
bilangan = 20;
karakter = ‘k’;
 bildesimal = 22.2f;status = true;
Dapat juga mendeklarasikan dan memberikan nilai dalam satu baris.
int bilangan = 20;
char karakter = ‘k’;
 float bildesimal = 22.2f;boolean status = true;
Kita dapat membuat variabel menjadi konstanta yang tidak dapatdiubah nilainya dengan menambahkan keyword sebelum tipe data darivariabel.Contoh :
final int konstantainteger = 10;final float pajak = 15.5;
Agar konstanta ini dapat diakses oleh class lain tanpa harusmembuat objek terlebih dahulu, maka kita dapat menambahkan modifierpublic dan keyword static seperti berikut :
public static final konstantainteger = 10;

4.     Istilah – istilah dalam java

Pernyataan Switch

switch (Controlling_Expression)
{
  case Case_Label_1:
           Statement_Sequence_1
           break;
  case Case_Label_2:
           Statement_Sequence_2
           break;

  case Case_Label_n:
           Statement_Sequence_n
           break;
  default:
           Default_Statement Sequence
           break;
}

Operator bersyarat

   operator Bersyarat adalah varian notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
        kata lain disebut juga operator ternary atau aritmetika , contoh

if (n1 > n2)   max = n1;
else           max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1 : n2;

Ekspresi di sebelah kanan operator penugasan adalah operator ekspresi dari ekspresi kondisional Boolean
Jika benar, maka ekspresi dievaluasi ke nilai ungkapan pertama (n1), selain untuk mengevaluasi nilai dari ekspresi kedua (n2)

Ekspresi Boolean

Ekspresi Boolean adalah ekspresi benar atau salah
ekspresi Boolean yang paling sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi <== myScore yourScore waktu batas
Catatan bahwa Java menggunakan dua tanda sama dengan (==) untuk pengujian kesetaraan: A sama satu sign (=) digunakan hanya untuk tugas Ekspresi
Boolean yang ditutupi dalam kurung tersebut tidak diperlukan, kecuali ia digunakan dalam pernyataan jika

Perangkap menggunakan string

  Kesetaraan operator perbandingan (==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe primitif,
 namun ketika diterapkan pada dua benda sebagai obyek uji String kelas == untuk melihat jika   mereka disimpan dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau tidak mereka memiliki
Untuk sedikit nilai tes yang sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai yang sama, menggunakan metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase

string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)

Leksikografis dan urutan abjad

Leksikografis server sama dengan ASCII server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
Semua karakter dalam urutan abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi huruf kapital semua datang sebelum huruf kecil
Jika s1 dan s2 adalah dua variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian s1.compareTo (s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka leksikografis, kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif jika s1 s2
Ketika datang sebelum melakukan perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan leksikografis), yang terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan metode tidak compareToIgnoreCase


Membuat ekspresi Boolean

Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "dan" (& &) operator, seluruh ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
            jika ekspresi salah
Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |) operator, yang seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
dari istilah ini adalah salah hanya jika kedua ekspresi palsu
            Setiap ekspresi Boolean dapat menegasikan menggunakan!
Tempat operator ekspresi dalam tanda kurung dan tempat!
 Tidak seperti operator di depan notasi matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh & &
Gunakan (min <hasil) & & (hasil <max) daripada min <hasil <maks

Evaluasi Ekspresi Boolean

·         Meskipun ekspresi Boolean yang digunakan untuk mengontrol cabang dan laporan loop, ekspresi Boolean dapat eksis secara independen atau variable
v  Boolean dapat diberikan nilai ekspresi Boolean menggunakan
·         Boolean Expression tugas laporan dapat dievaluasi dengan cara yang sama bahwa ekspresi aritmatika dievaluasi
v  Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ekspresi aritmatika menghasilkan sejumlah sebagai hasilnya, sementara ekspresi Boolean menghasilkan baik benar atau salah sebagai akibatnya mereka
boolean madeIt = (time < limit) && (limit < max);


Truth Tables

Hubungan singkat dan Evaluasi lengkap

            Java dapat mengambil jalan pintas ketika mengevaluasi bagian pertama dari ekspresi Boolean hasil dari bagian kedua bahwa evaluasi tidak dapat mengubah
disebut sirkuit evaluasi singkat atau evaluasi malas,
misalnya, ketika mengevaluasi dua subexpressions Boolean bergabung oleh & &, jika yang pertama subexpression mengevaluasi ke false, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh ke false, tidak peduli nilai subexpression
kedua cara itu, ketika mengevaluasi dua subexpressions bergabung dengan Boolean | |, jika subexpression pertama mengevaluasi true, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh menjadi true

Ada saat-saat ketika menggunakan evaluasi hubung singkat dapat mencegah kesalahan runtime
 contoh berikut, jika jumlah anak-anak adalah sama dengan nol, maka subexpression kedua tidak akan dievaluasi, sehingga mencegah membagi dengan nol kesalahan
Perhatikan bahwa urutan terbalik dari subexpressions tidak akan mencegah hal ini

if ((kids !=0) && ((toys/kids) >=2)) . . .

Kadang-kadang lebih baik untuk selalu mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk evaluasi yang lengkap Dalam hal ini, menggunakan & dan | operator daripada & & dan | |


Pendahuluan dan peraturan Associativity
·         Boolean dan ekspresi aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung
·         Jika beberapa atau semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti preseden dan aturan associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan operasi
v  jika satu operator terjadi lebih tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak yang lebih tinggi dan dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
v  Jika dua operator memiliki hak yang sama, maka aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan pertama







mengevaluasi ekspresi

·         Secara umum, kurung dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer
v  Daripada mengandalkan aturan protokoler dan associativity, yang terbaik adalah memasukkan tanda kurung siku, kecuali arti yang diinginkan jelas
·         Binding: Hubungan dari operan dengan operator mereka
v  ekspresi kurung menyelesaikan dan sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
·         Side Effects: Bila, selain untuk nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti nilai-nilai dari variable
v  tugas, meningkatkan dan operator penurunan semua menghasilkan efek samping

Aturan untuk mengevaluasi ekspresi

·         Tentukan setara
v  sepenuhnya melakukan ekspresi mengikat menggunakan kurung yang benar dan aturan associativity
·         Prosiding kiri ke kanan, mengevaluasi apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
v  subexpressions atau metode argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numerik
·         untuk setiap operasi asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu) telah dievaluasi

Pengulangan

·         Loop di Java sama dengan dalam bahasa tingkat tinggi lain
·         java memiliki tiga jenis laporan loop: Sementara itu, sementara agenda, dan melaporkan
v  kode berulang dalam satu lingkaran loop disebut tubuh disebut tubuh
v  masing-masing loop-loop iterasi putaran

Pernyataan While

·         Sebuah pernyataan yang sementara digunakan untuk mengulang bagian dari kode tersebut (yaitu, tubuh loop) berdasarkan evaluasi ekspresi
v  ekspresi Boolean Boolean diperiksa sebelum tubuh loop dijalankan ka salah, tubuh loop tidak dijalankan sama sekali
v  sebelum pelaksanaan setiap loop iterasi berikut tubuh, ekspresi Boolean diperiksa kembali
Ø  Jika itu benar, tubuh loop dijalankan lagi
Ø  Jika salah, pernyataan itu mengakhiri loop
v  tubuh loop dapat terdiri dari sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang kurung (())

Pernyataan Do- while

·         Do- while pernyataan yang digunakan untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh loop), kemudian ulangi berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
v  dari tubuh loop dieksekusi sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø  Boolean diperiksa setelah tubuh loop dijalankan adalah
·         ekspresi Boolean diperiksa setelah setiap iterasi dari tubuhar, tubuh loop dijalankan lagi palsu, pernyataan loop ujung
lupa untuk meletakkan titik koma setelah ekspresi Boolean
·         Sebagai laporan sementara, tubuh loop dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang tanda kurung (())

Algoritma dan kode pseudo

·         Bagian yang sulit untuk memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan dengan aturan sintaks bahasa pemrograman
·         Sebaliknya, ia datang dengan metode solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit
·         algoritma adalah satu set instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi
v  algoritma biasanya ditulis dalam pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan bahasa manusia, seperti bahasa Inggris
v  Pseudocode harus tepat dan cukup jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi sintaktis kode yang benar,
v  bagaimanapun, adalah jauh lebih kaku daripada kode pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin sintaksis atau negara bagian variabel, misalnya


Pernyataan For
·         Untuk klaim yang paling sering digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang sama
·         diawali dengan kata kunci for, diikuti dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa yang harus dilakukan dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
v  ekspresi pertama memberitahu bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi atau dideklarasikan dan diinisialisasi sebelum iterasi pertama
v  ekspresi kedua menentukan waktu loop harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean sebelum setiap iterasi
v  ekspresi ketiga menceritakan bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui setelah setiap tubuh loop iterasi

Pernyataan syntax  for
for (inisialisasi; Boolean_Expression; Update) Badan
·         Pengawas dapat terdiri dari pernyataan tunggal atau daftar laporan tertutup dalam sepasang tanda kurung (())
·         Perhatikan bahwa tiga ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
·         Perhatikan bahwa ada tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop



Tanda koma dari pernyataan for
·         for loop dapat berisi beberapa inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
v  Perhatian harus digunakan ketika menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan
v  ini ilegal untuk menggabungkan beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti
v  Untuk menghindari masalah yang mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua variabel luar pernyataan for
·         A untuk loop dapat berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal
v  ini bahkan dimungkinkan untuk menghilangkan tubuh loop di jalan,
·         namun, untuk loop hanya dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir

Contoh program import java.util.Scanner;

public class coba
{

 public static void main(String args[])
 {

  Scanner input = new Scanner(System.in);

  int barang,pilihan,banyak,harga;
 
 
 
  System.out.println("LPKIAMART");
  System.out.println("selamat datang selamat berbelanja");
  System.out.println("1. ice cream magnum");
  System.out.println("2. susu ultra");
  System.out.println("3. pulpy orange");
  System.out.println("4. lays keripik kentang");
  System.out.println("5. coca cola");
  System.out.println("6. sari roti sandwich");
  System.out.print("masukan barang yang anda pilih : ");
  barang = input.nextInt();
 
  switch(barang)
  {
            case 1 : System.out.println("nama barang : ice cream magnum");
                                     System.out.println("harga satuan : 8.500");
                                     System.out.print("berapa banyak yang akan anda beli : ");
                                     banyak = input.nextInt();
                                     harga = banyak * 8500;
                                     System.out.print("Total harga : ");
                                     System.out.println(harga);
                                     break;
                                     
            case 2 : System.out.println("nama barang : susu ultra");
                     System.out.println("harga satuan : 4.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 4500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
           
            case 3 : System.out.println("nama barang : pulpy orange");
                     System.out.println("harga satuan : 6.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 6500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
                     
            case 4 : System.out.println("nama barang : lays keripik kentang");
                     System.out.println("harga satuan : 7.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 7500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
                     
            case 5 : System.out.println("nama barang : coca cola");
                     System.out.println("harga satuan : 5.000");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 5500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
                     
            case 6 : System.out.println("nama barang : sari roti sandwich");
                     System.out.println("harga satuan : 2.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 2500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;

public static void m


5.     Tipe data Java

Java memiliki tipe data yang dapat dikategorikan menjadi duakelompok, yaitu tipe data primitif dan referensi.

  1. Tipe Data Primitif 
Delapan macam tipe data primitif dalam pemrograman Java, yaitu :
.
  1. Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan tipe data numerik yang digunakan apabilatidak berurusan dengan pecahan atau bilangan desimal. Tipe datanumerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :

 
Bilangan integer biasanya menggunakan int, dan bukan byte,short maupun long. Bilangan integer juga mengenal nilai positif dannegatif ( signed number). Tipe data byte dan short hanya digunakanpada aplikasi khusus yang memperhatikan penggunaan memori.Sedangkan long jarang digunakan karena jarang memerlukan bilangansebesar kapasitas long.

  1. Floating Point ( Bilangan Pecahan )

Floating Point digunakan untuk menangani bilangan decimal atauperhitungan yang lebih detail dibanding integer. Ada dua macamfloating point, yaitu :
 Semua bilangan pecahan atau desimal dalam Java tanpa diakhiri huruf f akan dianggap sebagai double. Sedangkan bilangan yang ingindikategorikan sebagai float harus diakhiri dengan huruf F Misalnya :4.22 F atau 2.314f. Sedangkan untuk bilangan double, bisa menambah dengan huruf D, karena secara default bilangan dengan koma atau pecahan ataudesimal akan dianggap sebagai double.

  1. Char

Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawalidan diakhiri dengan tanda „ (petik tunggal). Char berbeda dengan String, karena String bukan merupakan tipe data primitif, tetapi sudahmerupakan sebuah objek. Tipe char mengikuti aturan unicode, sehinggadapat menggunakan kode /u kemudian diikuti bilangan dari 0 sampai65535, tetapi yang biasa digunakan adalah bilangan heksadesimal dari
0000 sampai FFFF. Misalnya : „\ u123
Selain karakter biasa, juga terdapat karakter khusus yangdidefinisikan dengan cara mengawalinya menggunakan tanda \ sepertipada tabel berikut :
 

  1. Boolean

Dalam Java dikenal tipe data boolean yang terdiri dari dua nilaisaja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasisuatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.


Tipe Data Referensi

Kelebihan pemrograman berorientasi objek adalah dapatmendefinisikan tipe data baru yang merupakan objek dari class tertentu.Tipe data ini digunakan untuk mereferensikan objek atau class tertentu,seperti String.

6.     Operator java

Operator Java merupakan karakter khusus yang berupa simbol atautanda yang memerintahkan Compiler untuk melakukan berbagai operasi terhadap sejumlah operan Perintah operasi dispesifikasikan oleh operator,dimana operand-nya adalah variabel, pernyataan, atau besaran literal.Operator yang dibahas pada bagian ini adalah operator aritmatika,increment dan decrement, assignment (penugasan), relasi, logical, danbitwise.
a.       Operator Aritmatika

Sama halnya dengan semua bahasa pemrograman, Java menyediakanoperator-operator aritmatika untuk manipulasi variabel data numerik.Operator-operator tersebut antara lain :



b.      Operator Increment dan Decrement

Operator Increment dan Decrement digunakan untuk menaikan ataumenurunkan suatu nilai integer (bilangan bulat) sebanyak satu satuan, danhanya dapat digunakan pada variabel.Ada dua versi operator increment maupun decrement, yaitu prefixdan postfix. Prefix berarti operator digunakan sebelum variabel atauekspresi, dan postfix berarti operator digunakan sesudahnya. Penjelasanselengkapnya yaitu :
 

c.       Operator Assignment ( Penugasan )

Operator assignment dalam Java digunakan untuk memberikan sebuah nilai ke sebuah variabel. Operator assignment hanya berupa „=, namun selain itu dalam Java dikenal beberapa shortcut assignment operator yang penting, yang digambarkan dalam tabel berikut :
d.      Operator Relasi

Operator relasi dalam Java digunakan untuk menghasilkan nilaiboolean yang sering digunakan untuk mengatur alur jalannya sebuah program
e.        Operator Logical
Operator ini digunakan untuk ekspresi logik yang menghasilkan nilaiboolean. Operator-operator yang digunakan adalah AND ( && ), OR ( ¦ ¦ )dan NOT ( ! ).
f.        Operator Bitwise

Operator ini dalam Java digunakan untuk melakukan manipulasi bit.


1.1.          Bitwise AND

Bitwise AND akanmenghasilkan bit “1”, jika kedua operator  bernilai bit “1”. Operasi bitwise AND dapat digambarkan sebagai berikut :

1.2.Bitwise OR

Bitwise OR akanmenghasilkan bit “1”, jika salah satu operator  bernilai bit “1”. Operasi bitwise OR dapat digambarkan sebagai berikut :


1.3.Bitwise XOR ( Exclusive OR )

Bitwise XOR akan menghasilkan bit “1”, jika kedua operator memiliki nilai bit yang berbeda. Operasi bitwise XOR dapatdigambarkan sebagai berikut :

1.4.Bitwise Complement

Bitwise Complement akan menghasilkan bit yang berlawanandengan bit yang dioperasikan. Operasinya dapat digambarkan sebagaiberikut :


g.       Operator Precedence

Operasi-operasi yang menggunakan operator dapat melibatkan lebihdari 1 operator dan 1 operand. Adapun urutan precedence operator dalamJava, dapat digambarkan dalam tabel berikut :

7.      Pemograman Java

Di bawah ini adalah contoh program chatting beserta preview hasilnyayang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

1.      Server mengirim data ke Client

http://htmlimg2.scribdassets.com/65zsyj0vggi5kwi/images/17-0b8319f3e6.jpg

Untuk mengkompile dan menjalankannya, maka ikuti langkah berikut :

Server ke Client

  1. Kompile Server Ku1.java :
C:\> javac ServerKu1.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu1
Output yang akan dihasilkan adalah :
  1.  Kompile ClientKu1.java :
C:\> javac ClientKu1.java

Jalankan program :
C:\> java ClientKu1

Output yang akan dihasilkan adalah :

Setelah ClientKu1.class dijalankan maka anda bisa mengetikkan kalimat di jendela Server dan akan di tampilkan di jendela klien. Untuk mengakhiri koneksi,anda bias menekan enter dua kali atau menutup dari jendela windows.

Client ke Server1

  1. Kompile ServerKu2.java :
C:\> javac ServerKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ServerKu2
Output yang akan dihasilkan adalah :















  1. Kompile ClientKu2.java :
C:\> javac ClientKu2.java
Jalankan program :
C:\> java ClientKu2
Output yang akan dihasilkan adalah :
Setelah ServerKu2.class dan ClientKu2.class di jalankan, sekarang kesempatan bagi anda untuk menulis pesan di klien dan nantinya akan di teruskan ke server.




8.     Kelebihan dan kekurangan java

8.1.   Kelebihan 
Multiplatform Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

 OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.


Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

8.2.   Kekurangan
Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.




DAFTAR PUSTAKA


http://pahlawanbetopenk.blogspot.com/2011/01/makalah-program-java.htm
http://ilmukomputer.org/2009/05/pemrograman-dengan-c-part-ii/
http://ilmukomputer.org/2009/05/pemrograman-dengan-c-part-iii/
http://id.wikipedia.org/wiki/java 
http://oka-karteng.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar