1.
Judul : Benda
dan Sifatnya
2.
Tujuan : 1. Mengetahui
apa saja wujud benda
2.
Mengertahui bagaimana perubahan wujud benda
3.
Sasaran : Untuk Kelas IV SD Semester 1
4.
Durasi : 15 menit
5.
Pelaku : 1. Kaka
2. Rifa
6. Materi
:
1. Benda
Padat
Penggaris, pensil, bolpoin, dan penghapus juga merupakan
benda-benda berwujud padat.
Jika penggaris dimasukkan ke dalam gelas, bentuknya akan
tetap. Penggaris yang memanjang tidak mengikuti bentuk gelas. Hal itu
menunjukkan bahwa setiap benda yang berwujud padat bentuknya selalu tetap.
2. Benda
Cair
Air, minyak, susu, dan kecap termasuk ke
dalam benda cair. Sifat benda cair
selalu mengikuti bentuk wadahnya, sifat benda cair selalu memiliki permukaan datar,
siifat air yang selanjutnya, yaitu bergerak ke segala arah dari tempat yang
tinggi ke tempat yang rendah dan sifat air lainnya adalah menekan ke segala
arah.
3. Benda
Gas
Udara
dan asap merupakan
benda yang tergolong
benda gas. Berbeda
dengan benda padat dan
cair, gas sulit
diamati, dan gas bentuknya tidak tetap.
4. Perubahan
Wujud Benda
·
Perubahan wujud dari
padat menjadi cair disebut mencair
·
Perubahan wujud dari
cair menjadi padat disebut membeku
·
Perubahan wujud dari
cair menjadi gas disebut menguap
·
Perubahan wujud dari
gas menjadi cair disebut mengembun
·
Perubahan wujud dari
padat menjadi gas disebut menyublim
7.
Sinopsis
Dialog ini bercerita
tentang percakapan antara Kaka dan Rifa yang terjadi pada saat jam istrahat
disekolahnya. Percakapan yang terjadi
antara mereka yaitu tentang materi pelajaran Benda dan Sifatnya yang akan
mereka pelajarai setelah jam istirahat. Dialog
mereka sangat asyik dan menyenangkan karena mereka sama-sama sudah mempelajari
materi tersebut. Jadi tidak ada hambatan yang terjadi dalam proses dialog
tersebut. Mereka saling bertukar ilmu
dan pengetahuan yang sudah mereka ketahui tentang materi Benda dan
Sifatnya. Mereka berdua saling memberikan
tambahan dari jawab temannya masing-masing itu, agar apa yang mereka ketahui
menjadi lebih lengkap dan bertambah. Namun
dialog yang sangat asyik itu harus berakhir karena mereka mendengan bunyi bel
tanda masuk.
8.
Treatment
Adegan
1 : Announcer memperkenalkan pada khalayak umum bahwa ada suatu program siaran
radio pendidikan yang akan diperdengarkan dan sekaligus membuka acara
Adegan
2 : Narrator membacakan tujuan dari pembelajaran yang akan diperdengarkan, dan
tujuan tersebut merupakan kompetensi dasar dari pembelajaran tersebut
Adegan
3 : Bunyi bell istirahat berbunyi, lalu Kaka mengajak Rifa kekantin, namun Rifa
menolaknya
Adegan
4 : Kaka menanyakan kepada Rifa apakah dia sudah belajar tentang materi
pelajaran Benda dan Sifatnya
Adegan
5 : Rifa menjawab iya, dan dia juga mengatakan bahwa Bu Nisa akan membahas
materi pelajaran itu dan Kaka juga sedah belajar materi itu
Adegan
6 : Akhirnya mereka mulai membicarakan tentang materi pelajaran tentang Benda
dan Sifatnya yang akan dipelajarinya setelah jam istirahat
Adegan
7 : Mereka memulainya dengan menyebutkan jumlah wujud benda
Adegan
8 : Lalu mereka mulai membahasnya dengan
memberikan contoh-contohnya serta sifat-sifatnya juga agar bisa lebih
memahami
Adegan
9 : Percakapan mereka berlangsung asyik dan menyenangkan
Adegan
10: Kemudian mereka membahas mengenai perubahan wujud benda
Adegan 11: Pembahasan
yang mereka lalukan dimulai dari perubahan wujud membeku hingga menyublim
Adegan 12 : Dalam
pembahasan yang mereka lakukan, mereka tidak pernah lupa untuk memberikan
contoh.
Adegan 13 : Mereka
saling memberikan tambahan dari jawab temannya masing-masing itu, agar apa yang
mereka ketahui menjadi lebih lengkap dan bertambah.
Adegan 14 : Percakapan
mereka berakhir ketika terdengar bunyi bell tanda masuk
- Naskah Dialog
No.
|
PELAKU
|
URAIAN
|
1
|
MUSIK
|
OPENING
|
2
|
Announcer
|
107,9
Tep Fm The Voice Of Educational
Of Technologi. Hay…. selamat sore
adik-adik. Jumpa lagi dalam acara “Belajar Bersama”.
|
3
|
Narrator
|
Dalam acara Belajar Bersama kali ini, kita akan
mendengarkan pembelajaran IPA untuk kelas IV SD Semester 1, topik kali ini
adalah mengenai “Benda dan Sifatnya”.
Untuk itu setelah selesai pembelajaran ini diharapkan
adik-adik siswa SD kelas 4 dapat :
1.
Mengetahui apa saja
wujud benda
2.
Mengertahui bagaimana perubahan wujud benda
Untuk
lebih jelasnya yuuk kita simak sama-sama….
|
4
|
MUSIK
|
Backsound acara
IN-UP-DOWN-OUT
|
5
|
FX
|
SUARA BEL TANDA
ISTIRAHAT
|
6
|
Kaka
|
Fa,, kekantin yook …
|
7
|
Rifa
|
Akh,, nggak akh,,
Aku pingin disini
aja..
|
8
|
Kaka
|
Eh,, Fa.. kamu sudah
belajar tentang Benda dan Sifatnya apa belum..???
|
9
|
Rifa
|
Ooh,, yaaa
sudaahLaaaaah…
setelah ini kan
ada pelajaran IPA,, minggu lalu Bu Nisa kan memberitahu kita bahwa hari ini
beliau akan membahas tentang Wujud benda dan perubanhannya…
Hayoo.. kamu
pasti belum belajar yaa ..???
|
10
|
Kaka
|
Waah,,,
Aku sudah
belajar itu koq tadi malam..
|
11
|
Rifa
|
Akh,, masa…
Coba aku
pengen tau,,
Wujud benda
ada berapa .?
|
12
|
Kaka
|
Waah,, mudah
itu,,
Wujud benda
ada tiga,,
Yaitu benda
padat, cair…
|
13
|
Rifa
|
(memotong pembicaraan
Kaka)
Dan gas
|
14
|
Kaka
|
Iyaa betul
sekali…
|
15
|
Rifa
|
Benda-benda di
sekitar kita, seperti tanah,
batu, kayu, dan logam termasuk kelompok benda padat lhoo kaa…
|
16
|
Kaka
|
Iyaa betull,,
tapi bukan itu saja Fa,, seperti alat
tulis kita ini,, yaa Pensil, penghapus, penggaris semuanya benda padat karena
jika benda-benda itu kita masukan
kedalam sebuah wadah, bentuknya akan tetap sama…
|
17
|
Rifa
|
Hmm,, tetap
sama.. (berfikir)
Berarti itu
menunjukkan bahwa sifat benda padat itu tetap,,
Nggak mungkin
donk,, pensil kita masukan kedalam gelas,, lalu bentuknya akan seperti
gelas,,
Ehehehehheeee….
(tertawa)
|
18
|
Kaka
|
Hehehehehee .
. . . (tertawa)
Lucu juga kali
yaa,, kalau pensilnya jadi kaya gelas,,,
Tapi Fa,, ada
juga lhoo,, wujud benda yang bisa mengikuti bentuk wadahnya.. appa hayoo
..????
|
19
|
Rifa
|
Waahh,, itu
gampang,,,
Aku tau…
Itu wujud dari benda
cair,,
Iyaa kaaann .????
|
20
|
Kaka
|
Yap,, bener banget,,,
Benda cair itu yaa,,
benda-benda yang wujudnya cair,,
Conthnya gampang nya
yaa air, kecap, minyak goreng, oli, dan masih banyak lagi yang lain..
|
21
|
Rifa
|
Iya,, yaa pokoknya
yang cair-cair deh,,
Benda cair itu punya
beberapa sifat yang tidak dimiliki oleh benda padat dan gas,, kamu tau gak ka
..???
|
22
|
Kaka
|
Yaa,, tau
donk,,,
Benda cair itu
sifatnya tidak tetap dan selalu mengikuti bentuk wadahnya,yaa,, seperti yang
tadi aku katakan,, terus benda cair itu bergerak ke segala arah dari tempat
yang tinggi ke tempat yang rendah, lalu benda cair selalu memiliki sifat
datar, dan sifat air lainnya adalah menekan ke segala arah..
|
23
|
Rifa
|
Waahh,, kamu tahu
semuanya,,,
Kalau sifat
benda cair itu bergerak ke segala arah
dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah,, berarti seperti sungai atau
air terjun donk ka…
|
24
|
Kaka
|
Bukan itu saja
Fa,, ketika
kamu tumpahkan air dari botol
ke lantai, maka air bergerak ke
segala arah. Air akan terus bergerak mencari tempat yang paling rendah..
|
25
|
Rifa
|
Iyaa,, yaa…
Terus benda
cair kan selalu memilki sifat datar ,, contohnya yaa ketika botol
dimiringkan, permukaannya tetap datar,
begitu pun ketika dimiringkan ke arah yang lain akan
tetap datar.
|
26
|
Kaka
|
Iya,, memang
begitu,, walaupun wadahnya dimiring-miringkan,, namun air didalamnya tetap
datar,, karena memang itulah sifat benda cair
|
27
|
Rifa
|
Lalu sifat
yang selanjutnya itu benda cair menekan kesegala arah..
Contohnya itu
ketika kita masukkan air ke dalam
tabung plastik. Lalu, kita lubangi dinding pada tabung plastiknya,
maka dari setiap lubang
pada dinding tabung plastik akan
memancar air karena ada tekanan dari permukaan tabung itu. Itu
menandakan bahwa benda cair menekan kesegala arah..
|
28
|
Kaka
|
Dan
tekanan air di
permukaan tabung akan diteruskan oleh air yang berada di
bawahnya ke segala arah. Dengan demikian, air akan mengalir keluar tabung.
|
29
|
Rifa
|
waah,,, kita pintar
yaaa ….
Heheheheheee .. .
. (tertawa)
|
30
|
Kaka
|
Iya donk . . . .
Heheheheheee . . .
(tertawa)
|
31
|
Rifa
|
Hmm,,, ada
wujud benda yang lain yaitu benda gas.
Wujud benda
ini berbeda dengan wujud 2 benda yang sebelumnya. Wujud benda gas tidak
semuanya bisa dilihat,, hanya beberapa saja yang bisa dilihat.. seperti…
|
32
|
Kaka
|
(Memotong pembicaraan
Rifa)
Yaa,, seperti asap pembakaran dan asap
knalpot kendaraan,,
|
33
|
Rifa
|
Iya,, itu tadi yang
mau aku katakan..
|
34
|
Kaka
|
Terus ada juga
wujud benda gas yang tidak dapat dilihat,, yaitu..
|
35
|
Rifa
|
(memotong
pembicaraan Kaka)
Udara
. . .
Udara merupakan
gas yang tidak
dapat dilihat,, tetapi, kita
dapat merasa kan
keberadaannya. Karena
ada aliran udara, pohon-pohon kecil
terlihat bergerak-gerak.
|
36
|
Kaka
|
Waah,, kau ini,,,
Aku tadi mau ngomong
begitu…
|
37
|
Rifa
|
Heheheheheheee .
. (tertawa)
Gantiian . . .
|
38
|
Kaka
|
Fa,, tau nggak,,
udara juga tidak
berbentuk tetap Lho,,,
Udara atau benda gas
bentuknya mengikuti wadahnya.
|
39
|
Rifa
|
Waah,, jadi seperti
benda cair yaa..
|
40
|
Kaka
|
Iyaa,, begitulaah,,
benda cair dan benda
gas bentuknya tidak tetap dan
bentuknya selalu mengikuti wadahnya.
|
41
|
Rifa
|
Yaa,, sama
ketika kita meniupkan udara pada balon,, maka bentuk udara dalam balon
tentunya akan sesuai
dengan bentuk balon. Jadi,
terbukti bahwa benda
gas tidak tetap, tetapi sesuai dengan wadahnya.
|
42
|
Kaka
|
Ngomong-ngomong
tentang wujud benda,,
Kamu tau gak kalau
wujud-wujud benda yang tadi itu ternyata bisa berubah Lho..
|
43
|
Rifa
|
Iyaa,,
aku tahu,,
Salah
satu perubahannya adalah membeku,, yaitu perubahan wujud dari cair menjadi padat. Perubahan ini terjadi pada es krim. Karena Es
krim dibuat dari adonan yang dilarutkan dalam air. Kemudian, adonan tersebut
didinginkan pada suhu yang sangat dingin,,lalu air yang ada dalam adonan akan membeku sehingga es krim
menjadi padat
|
44
|
Kaka
|
Namun sebaliknya Fa,,
Ketika es krim itu berada
di tanganmu, es krim berada di tempat yang lebih panas dibandingkan dengan di
lemari es. Panas yang ada di sekitar es
krim tersebut akan
menyebabkan es krim berubah menjadi wujud cair. Perubahan
es krim dari wujud padat ke wujud cair disebut meleleh atau mencair.
|
45
|
Rifa
|
Iyap,, bener
banget ka,,
Selain membeku
dan mencair,, ada juga perubahan wujud yang lain..
Yaitu
menguap.. contohnya yaa,, pada saat kita melihat ibu kita sedang memasak air.
Mula-mula air
yang dimasuk kan ke
dalam panci atau
teko dalam wujud cair. Beberapa
menit kemudian dari panci atau teko
tersebut, akan terlihat
uap yang keluar.
Pada
saat panci belum dipanaskan, air yang ada
di dalamnya masih berwujud cair.
Kemudian, setelah panci dipanaskan, panci dan air menjadi panas.
|
46
|
Kaka
|
Itu karena,,,,
Panas tersebut dapat menyebabkan air mendidih Fa,,. Air
mendidih biasanya terjadi
pada suhu 100 ºC.
Air mendidih ditandai
dengan bergolaknya air , dan
panas ini akan menyebabkan pula air berubah menjadi
uap atau gas. Perubahan air dari wujud cair ke wujud gas disebut proses
penguapan atau menguap..
Iya kaan
..????
|
47
|
Rifa
|
Betuk sekali…
Lalu Ka,, ketika
ibu kita membuka tutup panci tersebut,, kita akan melihat banyak
tetesan air yang jatuh
dari tutup panci
tersebut. Tetesan air
tersebut berasal dari
uap air yang
naik menyentuh tutup panci. Uap air yang panas apabila didinginkan,
akan berubah menjadi wujud cair
kembali. Perubahan air dari
wujud gas ke
wujud cair disebut
proses pengembunan atau mengembun.
|
48
|
Kaka
|
Lalu perubaham wujud yang terakhir yaitu perubahan
wujud dari padat menjadi gas yang disebut menyublim.
Menyublim terjadi pada kapur barus.
Kapur barus yang disimpan di dalam lemari biasanya berwujud padat. Namun
jika dibiarkan, lama-kelamaan kapur
barus itu mengecil dan akhirnya
habis. Kapur barus tersebut mengecil karena berubah menjadi gas.
|
49
|
Rifa
|
Kapur barus
itu kan benda padat
yang mengeluarkan aroma. Dan aroma itu bebentuk gas. Nah hal itulah
yang disebut dengan menyublim.
|
50
|
FX
|
SUARA BEL TANDA MASUK
|
51
|
Rifa
|
Waahh,, sudah masuk nih Ka..
|
52
|
Kaka
|
Yaa,, sudah ya,, aku kembali ke tempat duduk ku,,
|
53
|
Rifa
|
Ookhey . . .
|
54
|
MUSIK
|
Backsound
Acara
IN-UP-DOWN-OUT
|
55
|
Narrator
|
Adik-adik,, kita sudah sama-sama
mendengarkan pembelajaran IPA untuk kelas 4 SD Semester 1, tentang Benda dan
Sifatnya. Semoga dengan pembelajaran
tadi adik-adik dapat lebih paham tentang apa saja wujud benda, dan bagaimana
perubahan wujud benda.
|
56
|
Announcer
|
Oke
adik-adik,, Sekian dulu Belajar Bersama kali ini,, kita ketemu lagi minggu
depan dengan materi pembelajaran yang lain,, yang lebih menarik.. dan
pastinya tetap di radio kesayangan kita ini 107,9 Tep Fm The Voice Of Educational Of Technologi…
Selamat
sore . . .
|
57
|
MUSIK
|
CLOSING
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar