Kamis, 01 Juli 2010

Operating System

1. Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
2. Contoh-contoh Sistem Operasi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

a. Microsoft Windows
• Keunggulan :
 GUI yang familiar
 MS Windows memiliki dukungan driver hardware yang lebih banyak dibandingkan Linux.
 Banyak aplikasi berbasis MS Window
 lebih mudah untuk menginstal aplikasi pada MS Windows dibandingkan pada Linux, yang terkadang harus di-configure terlebih dahulu dan Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows

• Kelemahan :
 Harga yang mahal
Anda harus mengeluarkan uang sekitar $100 atau lebih untuk membeli sistem operasi MS Windows.
 Rentan virus dan hacking banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi ini
 Tidak ada sistem keamanan yang tangguh Kecuali MS Windows 2000 dan XP, pada MS Windows 9.x/Me, hampir tidak memiliki sistem keamanan yang dapat membuat komputer Anda aman dari tangan-tangan jahil,
 Pada MS Windows (kecuali MS Windows 2000 yang lebih baik dibandingkan Win 9.x/Me)
 Semakin banyak aplikasi yang Anda instal, maka kemungkinan besar akan terjadi ngadat. karena hal ini pekerjaan Anda akan terganggu.

b. UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
• Keuntungan :
 Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
 Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT.
 Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.


• Kelemahan :
 Harga sistem operasi komersial yang mahal.
 Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial.
 Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial.
 Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya.
 Sedikit software untuk kantor.


c. Linux
• kelebihan
 Linux adalah sistem yang Open Source
 Freeware yaitu software yang bersifat free tanpa ada tuntutan dari hak cipta
 Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang terlalu besar kapasitasnya maupun biayanya.
 Stabilitas yaitu stabil digunakan sebagai apa saja, baik Server maupun Client
 Shared Libraries tidak merusak sistem lainnya jika di install dengan versi yang lainnya. Sistem yang digunakan dapat berjalan seperti biasanya.
 Kebal virus tidak terserang virus apapun seperti yang terjadi pada Windows

• kelemahan
 Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya.
 Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya.
 . Sulit bagi pengguna awam untuk beradaptasi
Anda telah menggunakan MS Windows sejak tahun 1995 hingga kini? Maka Anda akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan Linux. File System, Hirarki File, Hak Akses, Format File-nya sangat berbeda dengan MS Windows
 Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
 Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

3. Penggunaan Software Portable

a. Portable Revo Uninstaller Pro 2.1.1


Revo Uninstaller Pro membantu Anda untuk menghapus penginstalan perangkat lunak dan menghapus program yang tidak diinginkan diinstal di komputer Anda dengan mudah! Bahkan jika Anda memiliki masalah menghapus dan tidak bisa uninstall mereka dari "Windows Add or Remove Programs" control panel.

Revo Uninstaller adalah jauh lebih cepat dan lebih kuat alternatif untuk "Windows Add or Remove Programs"! memiliki fitur yang sangat kuat untuk meng-uninstall dan menghapus program.

Dengan algoritma maju dan cepat, Revo Uninstaller menganalisa aplikasi data sebelum meng-uninstall dan scan untuk sisa setelah uninstall dari sebuah program. Setelah program uninstaller biasa berjalan, Anda dapat menghapus file yang tidak perlu tambahan, folder dan registri kunci yang biasanya tersisa pada komputer Anda.

Revo Uninstaller Pro menawarkan anda beberapa sederhana, mudah untuk digunakan, tetapi metode yang efektif dan kuat untuk menguninstall perangkat lunak seperti menelusuri program selama instalasi.

Untuk menghapus sebuah program lengkap dan tanpa meninggalkan jejak Anda dapat memonitor semua perubahan sistem yang dibuat selama instalasi, dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk meng-uninstall dengan satu klik saja - sederhana dan mudah!


b. Portable TeamViewer 5.0.7904
TeamViewer adalah sharing software yang baik dan transfer file aplikasi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kolaborasi bisnis serta kerabat membantu mendiagnosa dan mengobati masalah komputer. Seiring dengan nonkorporasi menjadi bebas untuk digunakan, hal itu justru memberikan pengguna alat-alat yang mereka butuhkan untuk berbagi layar dengan aman, mengirim file dengan minimum kerumitan, kontrol hak akses, dan bahkan flip yang memiliki kontrol pengguna.


Pilihan yang tersedia saat Anda sedang dalam kendali berjalan lancar. Anda dapat memaksimalkan panel bahwa layar komputer lain dapat dilihat dalam, serta memanfaatkan beberapa pilihan cerdas dari drop-down toolbar di bagian tengah jendela. X besar memungkinkan Anda menutup sambungan, Tindakan yang memungkinkan Anda mengaktifkan mengendalikan, remote menonaktifkan masukan, dan reboot dari jauh. Menyembunyikan menu View pilihan untuk mengatur resolusi layar, ke arah optimasi kecepatan atau kualitas, dan pengendalian berbagai monitor display.

c. Portable WinRAR 3.92
WinRAR adalah manajer arsip yang kuat. File RAR biasanya dapat memampatkan isi sebesar 8 persen menjadi 15 persen lebih dari file ZIP bisa. WinRAR adalah sebuah alat kompresi yang kuat dengan banyak fungsi tambahan yang terintegrasi untuk membantu Anda mengatur arsip terkompresi. Dapat cadangan data Anda dan mengurangi ukuran lampiran email, decompress RAR, ZIP dan file lainnya download dari Internet dan membuat arsip baru di RAR dan ZIP format file.

WinRAR menempatkan Anda di depan orang banyak ketika datang ke kompresi. Dengan konsisten menciptakan arsip yang lebih kecil, WinRAR seringkali lebih cepat daripada kompetisi. Ini akan menghemat ruang disk, biaya transmisi DAN waktu kerja yang berharga juga. WinRAR sangat ideal untuk file multimedia. WinRAR secara otomatis mengenali dan memilih metode kompresi terbaik. Algoritma kompresi khusus kompres file multimedia, executables dan objek perpustakaan dengan baik.


d. Portable Apple QuickTime Pro v7.65.17.80
QuickTime lanjutan arsitektur menyediakan teknologi multimedia yang memungkinkan segala sesuatu dari definisi tinggi audio dan video playback untuk penciptaan lingkungan yang mendalam. QuickTime memberdayakan pengembangan perangkat lunak inovatif seperti iTunes, iMovie dan Final Cut Pro dari Apple serta ribuan lintas-platform program dari pihak ketiga.

Masing-masing dan setiap versi baru QuickTime sudah termasuk terobosan teknologi yang telah mendorong maju industri media digital. QuickTime 1 merintis industri media digital dengan memainkan kembali video digital dengan mulus di komputer pribadi untuk pertama kalinya melalui format kompresi video "Road Pizza." QuickTime 6 memimpin jalan untuk memenuhi persyaratan ISO-MPEG-4, 3GPP dan 3GPP2. Dan sekarang QuickTime 7 dengan H.264 video sekali lagi memimpin industri.





e. Portable ArcSoft TotalMedia 3.5.28.217
ArcSoft TotalMedia hub adalah media yang menggabungkan televisi, video recording, photo editing, dan konversi dalam salah satu media yang mudah digunakan program. Anda dapat menonton dan merekam acara TV (memerlukan kartu tuner TV yang kompatibel), mengedit foto atau video, mendengarkan musik, rip CD ke MP3 dan banyak lagi. Itu semua yang anda butuhkan dikemas dalam satu fleksibel dan mudah digunakan.



f. Portable Radiotracker 6.1.2053.3300
Radiotracker 6 punya channel. Semua penemuan & bintang, setiap genre & setiap radio channel. It's your music - legal, gratis & cepat! Seleksi terbesar - yang tersedia di kecepatan yang tak tertandingi
80 genre, setiap seniman, jutaan lagu dan setiap stasiun radio di dunia semua hanya dengan sebuah klik mouse. Teknologi inovatif Radiotracker download lagu-lagu Anda secara otomatis dalam waktu kurang dari satu menit, menjadikannya yang paling populer, yang paling diminati dan mutlak laris software di web radio online dan outlet ritel. Tidak pakai berlangganan, tidak ada biaya tersembunyi, hanya editan musik sempurna dalam kualitas dan toko musik, karena gratis dan legal real-time rekaman dari stasiun radio internet, tidak ada copy protection!
Namun fungsi lain yang tidak ada pada software lain yaitu Radiotracker dapat: merekam dari setiap stasiun radio online! Radiotracker database yang berisi setiap web stasiun radio dan semua pendatang baru juga dapat ditambahkan di kemudian hari. Dengan teknologi PerfectRadio, Anda mendapatkan semua musik terbaik langsung ke komputer Anda secara otomatis!

Podcast dan banyak figur! Radiotracker memberikan puluhan ribu podcast dan menyediakan Anda dengan direktori sendiri terbaik di dunia website untuk podcast - semua di ujung jari Anda. Anda mendapatkan semua hiburan besar dan informasi memukau secara teratur.

Para pemain Radiotracker memungkinkan Anda untuk mendengarkan stasiun radio web, memutar musik, membakar CD / DVD atau mentransfer file ke pemutar MP3. Radiotracker juga menemukan ID3 tag, CD artwork dan lirik dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur dan mengelola koleksi Anda. Generator untuk nada dering ponsel memungkinkan Anda membuat ringtones untuk ponsel Anda dari download musik secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar